Lima Pengurus Kompepar Dikukuhkan

KUNINGAN (MASS) – Selain menggelar saresahan, pada Jambore Kompepar 2019 juga dilakukan pengkuhuhan Pengurus Kompepar periode 2019-2022 oleh Plt Kabid Kelembagaan Disporapar Kuningan H Hustiadi. Total ada lima kepengurusan Kompepar yang dilantik yakni Kompepar Tingkat Kabupaten Kuningan.

Kemudian, Kompepar Kamuning Desa Kertawirama Kecamatan Nusaherang, Kompepar Situs Batu Pepetek Desa Bayuning Kecamatan Kadugede. Selanjutnya, Kompepar Raksa Buana Desa Sadamantra Kecamatan Jalaksana, Kompepar Zhalattunda Desa Citundun Kecamatan Ciwaru.

“Untuk Kompepar Tingkat Kabupaten merupakan pengurus yang baru dan beraharap lebih baik dari sebelumnya. Sedangkan yang empat merupakan kompepar yang baru dibentuk dan mereka melengkapi jumlah kompepar yang selama ini sudah ada yakni 31 kelompok,” jelas  Kasi Pengembangan SDM  Disporapar Kuningan Ritto Riswanto MPar.

Ritto menerangkan, empat Kompepar yang dilantik itu sudah memiliki potensi yang akan dikembangkan seperti Kompepar Zhalattunda Desa Citundun Kecamatan Ciwaru yakni Buper Ampah Nangka. Begitu juga Kompepar Kamuning Desa Kertawirama Kecamatan Nusaherang yang sudah memiliki Curug Bangkong.

Sementara Kompepar Situs Batu Pepetek Desa Bayuning Kecamatan Kadugede mempunya potensi situs sejarah dan juga penangkaran biawak. Sedangkan Kompepar Raksa Buana Desa Sadamantra Kecamatan Jalaksana tidak kalah hebatnya dengan lainnya yakni memiliki Buper Sadamantra.

“Perlu diketahui pengelolaan objek wisata yang ada di Kabupaten Kuningan 60 persen oleh masyarakat. Sedangakan sisanya masing-masing oleh pemerintah dan pihak ketiga,” jelas Ritto. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com