Kuningan Raih Penghargaan Tingkat Provinsi

KUNINGAN (Mass)- Awal bulan Ramadhan rupanya membawa berkah bagi Kabupaten Kuningan.  Pada Selasa (30/5/2017) Kabupaten Kuningan menerima penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Barat atas Pencapaian Level 2 maturitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintahan (SPIP).

Penghargaan diterima langsung Bupati Kuningan dari Badan Pengawasan Keuangan dan  Pembangunan yang diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat  H Ahmad Heryawan. Penyerahan dilakukan di di Lapangan BPKP Perwakilan Jawa Barat pada saat Upacara HUT BPKP ke 34 di Bandung.

Turut mendampingi Bupati, Inspektur Inspektorat Kab Kuningan Drs  H  Kamil Ganda Permadi MM beserta jajarannya. Lalu,   Kabag Humas Wahyu Hidayah  MSi dan Kabag Umum Guruh I Zulkarnaen SSTP MSi.

Bupati H Acep Purnama yang diadmpingi Kabag Humas Wahyu Hidayah  MSi menerangkan, dari 27 kota/kabupaten plus Provinsi Jabar hanya ada tiga daerah yang meraih juara. Selain Kuningan, ada dua daerah lagi yakni Kota Bekasi dan Sukabumi.

Acep menerangakan, Pemkab Kuningan selalu berupaya meningkatkan kualitas perencanaan,  pembangunan,  pelaporan dan pengendalian internal.  Dengan terbentuknya Satgas SPIP upaya pemkab Kuningan dalam pengendalian internal semakin intensif dijalankan di tingkat SKPD dan Kecamatan.

“Upaya tersebut membuahkan hasil, dimana Kabupaten Kuningan berada di peringkat 3 setelah Kota Bekasi dan Kabupaten Sukabumi,” jelas dia.

Diterangkan, pemerintah telah banyak mengeluarkan berbagai bentuk sistem yang seluruhnya berakhir pada tujuan untuk mewujudkan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

Penyelenggaraan pemerintahan lanjut dai, tentu memiliki kegiatan yang cukup banyak dan sangat luas, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban, pengawasan hingga evaluasi. Maka untuk dapat mewujudkan tata kelola penyenggaraan pemerintah yang baik tersebut pemerintah membentuk suatu sistem yang dapat mengendalikan seluruh kegiatan penyelenggaraan pemerintahan.

“Sistem dimaksud adalah Sistem Pengendalian Intern Pemerintah atau sering disingkat dengan SPIP,” jelasnya.

Masih menurut Acep, untuk meningkatkan motivasi pemerintah daerah, BPKP melaksanakan penilaian maturasi SPIP. Ada 5 level atau skala maturasi dalam penilaian ini. Saat ini Kabupaten Kuningan masih berada di level 2 “berkembang” dan masih sangat mungkin untuk ditingkatkan.

“Peluang Kuningan untuk mencapai level 3 masih sangat terbuka. Di Jawa Barat baru Kota Bekasi saja yang mencapai level 3. Dengan komitmen tinggi dari SKPD saya meyakini, tahun depan kita akan mampu meningkatkan prestasi ini. Apalagi telah terbentuk Satgas SPIP akan memudahkan dalam hal pengendalian dan evaluasinya,” tegas Bupati Kuningan yang sudah menyatakan akan maju lagi itu.

Tingkat Kematangan(maturity level) SPIP menggambarkan tahapan proses yang lebih diyakini akan mengarahkan pada output dan outcome yang lebih baik. Tingkat Maturitas penyelenggaraan SPIP merupakan kerangka kerja yang memuat karakteristik dasar menunjukkan tingkat kematangan penyelenggaraan SPIP yang terstruktur dan berkelanjutan. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com