Kemenpora Cari Bibit Atletik di Kuningan

KUNINGAN (MASS)- Kemenpora RI bekerjasama Disporapar dan Pengcab PASI Kuningan menggelar tes identifikasi bakat cabor atletik di Stadion Mashud Wisnusaputra. Tes yang digelar sejak Kamis pagi itu disaksikan oleh mantan atlet nasional Suryo Agung yang saat ini menjadi Pejabat di Kemenpora.

Menurut Ketua PASI Kuningan Drs H Nana Sugiana MSi, total ada 250 siswa yang mengikuti tes identifikasi ini. Mereka merupakan para pelajar yang berusia 12-15 tahun baik perempuan ataupun laki-laki.

“Setiap anak dites satu persatu mulai dari tinggi badan, berat badan, lempar tangkap, locat tegak, lari 40 meter hingga lari 800 meter,” ujar Nana yang diamini oleh Sekertaris PASI Heri Juhari SPd.

Pria yang juga Asda III Setda Kuningan itu menyebutkan, setelah dinilai oleh pihak Kemenpora, maka hasilnya diberikan kepada PASI dan Disporpara. Mereka nanti dibina dan akan dikirim ke kejuaraan junior.

“Semoga lahir atlet baru sebagai regenerasi bagi Kuningan. Atletik merupakan cabor andalan Kuningan dan Kuningan merupakan gudang atletik, maka harus terus dijaga,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Sub Pengembangan Bakat Suryo Agung yang pernah tercatat sebagai manusia tercepat dilintasan atletik itu mengaku, Kuningan menjadi satu dari 10 kota yang terpilih untuk pencarian bakat ini. Tentu pemilihan Kuningan karena potensi di sini sangat besar.

“Kami melakukan ini karena jangan sampai regenerasi gagal. Sebagai contoh di Salatiga setelah Trianingsih tidak muncul regenerasi, maka melakukan tes identifikasi bakat agar muncul atletik baru. Begitu juga Kuningan, saat ini banyak atletik nasional dari Kuningan jangan sampai tidak ada penerus ,” ujarnya.

Dari pantauan kuninganmass.com ke 250 perserta tampak antusias mengikuti tes ini. Bagi mereka ini merupakan pengalaman berharga yang bisa membuka masa depan mereka.

“Seru sih karena bisa bertemu teman baru dan terpenting ternyata banyak yang jago lari dari sekolah lain. Ini kesempatn emas saya untuk membuka jadi atlet,” ujar Fajar yang mengaku dari Kecamatan Cigandamekar. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com