Kelompok Informasi Masyarakat Akan Dibentuk, Gabung Yuk!

KUNINGAN (MASS)- Bagi warga yang senang bertukar informasi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kuningan akan membentuk Kelomok Informasi Masyarakat (KIM). KIM merupakan lembaga komunikasi pedesaan yang dibentuk oleh, dari dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif.

“Kami mengajak kepada warga yang ingin gabung menjadi KIM. Nanti strukturnya tinggal dibentuk disetiap desa yang terdiri dari ketua, wakil dan sekretaris serta yang lainnya. Kami menargetkan paling lambat bulan Mei sudah berdiri,” ujar Kadiskominfo Drs Teddy Suminar MSi, pada acara  Fasilitasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Rumah Makan Cibentang, Rabu (18/4/2018).

Teddy yang didampingi oleh Sekdiskominfo Rosjani Sekarwati SH dan Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Edi Muchtar Sip menyebutkan, aktivitas KIM adalah mengelola informasi serta memberdayakan masyarakat. Hal ini untuk mendapatkan nilai tambah dari informasi yang mereka dapatkan.

“Memang kita terlambat tapi tidak ada kata terlambat untuk kebaikan. Saya berharap warga merespons hal ini karena akan memberikan dampak positif,” jelas Teddy.

Diterangkan KIM memiliki arti penting dan ada dua peran yang bisa dijalankan KIM yakni KIM dapat melaksanakan desiminasi informasi kepada para anggotanya, tentu untuk menyampaian pesan atau konten informasi yang bersifat umum dan khusus tentang kebijakan pemerintah.

Kemudian juga lanjut mantan Staf Ahli Bupati ini KIM  bisa menjembatani hubungan antara pemerintah dan masyarakat yang mendukung program-program serta kebijakan pemerintah. Pendek kata banyak hal positif yang akan diperoleh dan mendukung pemerintah.

Sementara itu, acara ini bukan hanya diikuti oleh Relawan Teknonogi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kabupaten Kuningan.  Tapi juga media online yang bertugas di Kuningan.

Pada kegiatan dilakukan sesi tanyajawab mengenai mekanisme pembentukan KIM. KIM ini diharapkan segera terbentuk dan diharapkan masyarakat merespons. Untuk Relawan TIK sendiri sudah bergerak lebih awal. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com