Jadi Finalis, Kuningan Dikunjungi Tim Penilai Indonesia Road Safety

KUNINGAN (MASS)- Kabupaten Kuningan menjadi finalis dari hasil Penilaian Indonesia Road Safety Award (IRSA)  sebagai Finalis untuk kategori kabupaten dengan kepadatan penduduk tinggi. Hal ini disampaikan tim penilai IRSA, Faridha,  Head of CSR and Brand Adira Insurance, bertempat di Ruang Rapat Linggarjati, Rabu (6/5/2019).

Faridha mengatakan, penilaian IRSA secara umum ditujukan kepada seberapa besar komitmen pemerintah daerah telah mengimplementasikan program lima pilar keselamatan yang dicanangkan pemerintah dalam menyelenggarakan transportasi jalan di wilayahnya.

“Pencanangan lima pilar keselamatan jalan, didasari dari keperhatian  pemerintah terhadap terhadap tingginya angka kecelakaan lalulintas dan tingginya korban meninggal dunia karena kecelakaan lalulintas,” ujarnya.

Dikatakan, lima pilar keselamatan jalan yang harus diwujudkan oleh semua pihak secara bersama dan terintegritas, diantaranya manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan. Lalu,  kendaraan yang berkeselamatan, prilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, penanganan pra  dan pasca kecelakaan.

Sementara itu, menurut Wakil Bupati Kuningan, M Ridho Suganda,  Kabupaten Kuningan baru 2 kali ikut serta pada Penilaian Indonesia Road Safety Award (IRSA) yaitu tahun 2015 dan 2018. Untuk tahun ini Kuningan mendapat penghargaan sebagai Finalis untuk kategori kabupaten dengan kepadatan penduduk tinggi.

“Penilaian dilakukan pihak swasta yaitu oleh majalah Swa bekerjasama dengan Adira Finace,” ujarnya.

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten Kuningan mempunyai komitmen yang kuat untuk senantiasa mengadakan pembenahan dan peningkatan terhadap kinerja penyelenggaraan  sistem tranportasi jalan, terutama yang berkaitan dengan peningkatan aspek keselamatan.

“Lima pilar keselamatan jalan ini akan menjadi komitmen untuk Pemkab Kuningan  secara bersama sama dengan masyarakat. Saya sampaikan juga terimakasih kepada Polres Kuningan yang terus berupaya memberikan penertiban berlalulintas,”ujarnya.

Dari IRSA ini lanjut Edo, akan menjadi media  bagaimana membentuk masyarakat yang disiplin berkendaraan, tentunya untuk menghindari kecelakaan berlalulintas. Semoga  akan menambah prestasi Kabupaten Kuningan ramah dan tertib berlalulintas.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Perhubungan Dr Deni Hamdani. M.Si beserta jajarannya, Kasatpol PP Indra Purwantoro. S.AP. Lalu,  Kepala Dinas Lingkungan Hidup H Amirruddin SSos MSi, dan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Drs Dudi Pahrudin. MSi dan KBO Lantas Kuningan Sutarja. (agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com