Ini Solusi Terbaik untuk Antisipasi Banjir di Kecamatan Cibingbin

KUNINGAN (MASS)- Plt Dede Sembada memiliki solusinya terbaik untuk mengatasi banjir di wilayah Kecamatan Cibingbin. Pasalnya, dalam dua tahun ini selalu dihantam banjir.

“Solusinya adalah harus dinormalisasi sungai Cijangkelok. Kalau tidak dilakukan cara ini maka akan selalu banjir,” ucap Desem kepada kuninganmass.com.

Ia menerangkan, kondisi sungai sudah dangkal dan alirannya sudah tidak sama dengan semula. Hal ini tentu harus diperbaiki agar warga yang berada dibantaran sungai tidak selalu was-was ketika hujan turun.

Untuk merealisasikan normalisasi sungai maka, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak pemerintah pusat. Desem pun berharap normalisasi bisa dilakukan pada tahun ini.

“Memang pada tahun lalu ada pembuatan brojong dan juga sedikit pengerukan di salah satu titik sungai, tapi hasil tidak efektif, maka normalisasi solusi yang tepat,” tandasnya.

Sekedar infomasi Kecamatan Cibingin, tediri dari 10 desa. Ke 10 desa itu adalah Sindangjawa, Ciangir, Cibingbin, Citenjo, Dukuh Badag, Bantar Panjang, Sukamaju, Sukaharja, dan Cisaat.

Dari 10 desa itu, lima diantaranya menjadi langganan banjir. i lima desa itu yakni Desa Sukaharja, Desa Cibingbin, Desa Cipondok, Desa Citenjo dan Desa Dukuh Badag.

Dari pantaun kuninganmass.com memang kondisi sungai sudah dangkal dan abrsi terus menerus. Andai tidak ada normalisasi maka banjir akan terus menerus terjadi. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com