Ini Rincian Juara Festival Angklung

KUNINGAN (MASS)- Digelar selama dua hari Kamis-Jumat (15-16/2/2018), dewan juri  Festival Angklung menetapkan SD Yos Sudarso dan SMPN Kadugede sebagai juara. Festival kali pertama itu dihelat di Gedung Kesenian.

Selain SD Yos Sudarso untuk kategori SD, maka Juara II disabet oleh SDN Cidahu dan Juara III oleh gabungan dari SDN di UPTD Maleber. Sedangkan Juara II tingkat SMPN diraih oleh SMPN 3 Kuningan dan terakhir SMPN 1 Kuningan.

Untuk Juara Harapan kategori SD yakni SDN Jalaksana, Ciawigebang, dan SD Yos Sudarso Cibunut. Mereka berhak mendapatkan tropi dan piagam.

“Untuk kategori SD diikuti oleh 22 peserta yang mewakili 22 UPTD Pendidikan . Ada yang dari satu SD, ada juga gabungan dari tiap SD namun mewakili satu UPTD,” jelas salah satu dewan juri Edi Kusnadi SSn, Jumat (16/2/2018).

Edi yang juga Kasi Kebudayaan Disdikbud mengaku, dari 32 UPTD mengirimkan wakil 22 peserta merupakan hal yang bagus. Pasalnya, selama ini untuk angklung minim SDM dan sarana.

Maka lanjut dia, untuk tingkat SMP hanya ada sembilan peserta. Padahal jumlah SLTP di Kuningan banyak. Faktor yang disebutkan diatas menjadi penyebab. Namun, optimis akan semakin maju melihat antusias dari para peserta.

“Mudah-mudahan pada tahun kedua akan lebih banyak peserta. Bagi kami meski yang malatih hanya satu tapi kalau semua sekolah dilatih itu bagus, karena nanti bisa mandiri dan menghasilkan pemain angklung handal,” jelas Edi.

Mengenai tujuan festival angklung bagian dari melestarikan, juga untuk mempertegas bahwa Kuniningan sebagai kabupaten angkulung. (agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com