Ini Perhatian Pemerintah Terhadap Pelaku Usaha

KUNINGAN(MASS)- Untuk berkembang tentu pelaku usaha harus diperhatikan oleh pemerintah, terutama pelaku usaha kecil mikro. Bukan hanya ilmu tapi juga alat untuk memperlancar produksi.

Pada tanggal 4 Juli 2018 Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kuningan memberikan bantuan kepada 20 pelaku usaha. Pemberian alat usaha itu dilakukan pada pelatihan kewirausahaan, di Hotel Horison Tirta Sanita.

Penyerahan alat tersebut secara simbolis dilakukan Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Bunbun Budhiyasa. Pemberian ini bukan kali pertama namun merupakan kelanjutan karena pemerintah selalu mengalokasikan bantuan.

Dikatakan, para peserta yang menerima bantuan itu semua memiliki usaha yang berbeda – beda.  Mulai dari  pembuatan keripik, bolu, tas, konveksi dan lainnya,. Bantuan yang diberikan, disebutkan berupa barang yang menunjang produksi para pelaku usaha mikro.

“Jika pelaku usaha adalah konveksi maka kita beri bantuan mesin jahit, kemudian keripik kita beri bantuan alat iris dan kue atau bolu diberikan bantuan berupa oven,” ujar Bunbun.

Bantuan yang diberikan, kata Bunbun  semuanya sesuai denga pengajuan mereka. Pihaknya berharap jumlah yang dibantu terus meningkat, sehingga usaha mereka terus meningkat.

Mengenai  jumlah pelaku UKM di Kabupaten Kuningan lanjut dia,sekitar 14.000 pelaku UKM yang tersebar di seluruh Kabupaten Kuningan. Jumlah pelaku usaha UKM itu fluktuatif sehingga jumlah tidak tetap.

“Perlu dicatat tapi tidak semua UKM perlu bantuan, tapi yang terpenting pembinaan dan pelatihan tetap diberikan secara bertahap. Semoga alat yang diberikan bermanfaat,” ujarnya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com