Ini Jumlah Pembalap Luar Negeri yang Bakal Tampil di Tour de Linggarjati

KUNINGAN (MASS)- Even internasional yakni balap sepeda  bertajuk Tour de Linggarjati akan digelar mulai tanggal 26-28 Oktober. Even yang  memasuki tahun ke empat ini sudah dipastikan akan diramaikan oleh pembalap dari luar negeri.

Menurut keterangan dari Ketua Panitia TDL Agus Sadeli MPd, total hingga hari ini sudah ada 157 peserta yang daftar. Mereka berasal dari 35 tim. Untuk pembalap dari luar negeri tercatat ada 142 orang dengan rincian 32 Malaysia. Sedangkan sisanya dari  Filipina, Thailand, Singapura, Slovenia, Jerman dan Belanda.

“Target kita pembalap dari luar negeri ada 200 orang. Jumlah saat ini baru 142 dari 27 tim dijamin akan terus bertambah karena pendaftaran secara online melalui www.lccseries.com,” ujar Agus kepada wartawan pada saat  Press Conference  di Gedung Pendopo Kuningan, Senin pagi sekitar jam 08.00 WIB.

Pada saat Press Conference  itu, hadir  juga Bupati Kuningan H Acep Purnama MH, PJ Sekda Kuningan Dadang Supardan MSI, Ketua KONI H Didi Sutardi MSi, dan juga perwakilan dari negaran Filipina. Para atlet yang siap tanding juga ikut hadir dalam acara yang dihadiri juga oleh para pejabat Kuningan.

Agus yang juga Ketua ISSI Kuningan menyebutkan, secara umum Kabupaten Kuningan telah siap menerima para atlet sepeda dari berbagai klub di Indonesia maupun mancanegara. Rute yang akan dilalui pun sudah hampir seluruhnya diperbaiki, sehingga jalan yang dilalui menjadi mulus dan aman untuk dilalui sepeda dengan kecepatan tinggi.

Pada Lomba TDL 4 ini akan dilombakan 3 kategori yaitu  Individual Time Trial (ITT) dengan jarak tempuh : 9,8 KM,. Lalu,  Individual Road Race (IRR) yang dibagi 3 Kategori Putra dan Putri dengan masing-masing jarak tempuh yakni IRR Youth Jarak Tempuh : 43,1 KM, IRR Junior Jarak Tempuh : 65,3 KM, IRR Men Elite Jarak Tempuh : 119,7 KM

Sedangkan terakhir  adala  Criterium  dengan jarak Jarak 3 KM (ditempuh dengan beberapa kali lap/putaran sesuai kategori usia).  Trelebih dahula akan dilakkan Kirab pada Hari Jumat (26/10/2018) mulai pukul 06.30 – 07.30 WIB.

Dengan Start di Depan Pendopo Kuningan dan Finish di Lapang Sepak Bola Desa Purwasari Garawangi. Total Jarak tempuh sepanjang 16,2 Km. Peserta Kirab terdiri atas para atlet, official, panitia, pejabat daerah dan masyarakat umum.

“Tak hanya itu, pendukung acara yang turut memeriahkan acara ini, juga telah disiapkan untuk menyambut para atlet dan official,” tamabahnya.

Selain tampilan seni tradisonal Khas Kuningan, kegiatan Tour De Linggarjati juga akan dimeriahkan dengan UMKM Fair yang akan menampilkan produk unggulan daerah. Yang lebih menarik lagi bagi para penggemar hobby fotografi juga bersiap-siap memeriahkan acara melalui kegiatan Lomba Foto Tour De Linggarjati.

Dan bagi masyarakat Kuningan juga dapat mengikuti Lomba Funbike pada hari Minggu, start finish di Pandapa Paramarta. Acara ini dipatikan akan membludak dan iikuti ribuan peserta.

Sementara itu, Bupati Kuningan menambahkan bahwa Pelaksanaan event seperti Tour De Linggarjati yang mempunyai skala internasional merupakan investasi jangka panjang. Kunci dari kesuksesan untuk meningkatkan kekuatan image pariwisata dapat diraih dengan menjaga kesinambungan kegiatan melalui perbaikan dan peningkatan kualitas dalam setiap pelaksanaannya.

“Manfaat peningkatan daya tarik wisata Kabupaten Kuningan akan dirasakan secara bertahap, pengenalan daerah bagi wisatawan domestik maupun internasional tidak bersifat serta merta,” jelasnya.

Diharapkan dengan kesuksesan pelaksanaan Tour De Linggarjati juga menarik event-event internasional lainnya untuk dilaksanakan di Kabupaten Kuningan. Akan banyak manfaat sehingga semua pihak harus mendukung. (agus)

Berikut  jadwal lengkap TDL

Pada Lomba TDL 4 ini akan dilombakan 3 kategori yaitu :
1. Individual Time Trial (ITT)
Hari : Jumat, 26 Oktober 2018; Waktu 08.00 – 10.30 WIB
Start : Lapang Sepak Bola Desa Purwasari Garawangi
Finish : Depan Pendopo Kuningan
Jarak tempuh : 9,8 Km;

2. Individual Road Race (IRR)
Hari : Sabtu, 27 Oktober 2018; Waktu 08.00 – 13.00 WIB
Start – Finish : Depan Pendopo Kuningan
Dibagi 3 Kategori Putra dan Putri :
IRR Youth Jarak Tempuh : 43,1 Km
IRR Junior Jarak Tempuh : 65,3 Km
IRR Men Elite Jarak Tempuh : 119,7 Km

3. Criterium
Hari : Minggu, 28 Oktober 2018, Waktu 08.00 – selesai
Start – Finish : Depan Pendopo Kuningan
Jarak 3 Km (ditempuh dengan beberapa kali lap/putaran sesuai kategori usia)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com