Ini Alasan Jelajah Desa Ramadhan di Manis Kidul

KUNINGAN (MASS)- Pada Kamis (31/5/2018)  Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia melakukan kunjungan ke Kabupaten Kuningan dalam rangka Jelajah Desa Ramadhan yang dipusatkan di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana. Dipilihnya desa ini karena potensi yang dimiliki oleh desa yang dipimpin Maman Sudiman sangat luar biasar.

Sebagai bukti desa ini mendapatkan PADes dari Balong Cibulan sebesar Rp1.5 miliar. Dari 361 desa yang ada di Kabupaten Kuningan hanya Desa Manis Kidul yang APBDes lebih besar. Potensi yang dimilki Desa Manis Kidul akan semakin berkembang terlebih Kementrian akan memberikan bantuan.

Pada acara Temu Kade pada Jelajah Desa Ramadhan ini dihadiri Wakil Ketua MPR RI, DR. Muhaimin Iskandar. acara ini awalnya akan  dihadiri oleh Mentri Desa  PDTT RI, Eko Putro Sandjojo, namun berhalangan akhirnya diwakili oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kemendes PDTT RI Taufik Madjid, SSos M.Si.

Dirjen PPMD Kemendes PDTT RI Kemendes PDTT RI, Taufik Madjid, menyatakan Jelajah Desa Ramadhan dimulai dari Kabupaten Majalengka, Kabupaten Cirebon, Kuningan dan akan dilanjutkan ke Kabupaten Kudus,  Demak Jawa Tengah.  Program Jelajah Desa Ramadhan, nama lain Jelajah Desa Nusantara, untuk mengetahui gambaran apa yang telah dilakukan oleh pemerintah serta masing-masing pemerintah kabupaten/kota  terkait upaya dalam melaksanakan pembangunan pemberdayaan masyarakat desa.

Dengan kata lain ingin mendapat gambaran empat program prioritas satu diantaranya yaitu produk unggulan kawasan pedesaan. Kemajuan Desa Manis Kidul patut diacungi jempol dan bisa menjadi contoh bagi desa lain di Indoensia.

Sementara itu, Plt Bupati Kuningan, Dede Sembada, dalam sambutannya mengatakan dalam rangka meningkatkan daya saing daerah  Pemerintah Kabupaten Kuningan telah menggagas kerja sama antar daerah perbatasan Kunci Bersama. Ia menyambut baik atas kunjungan dari Kementerian Desa PDTT dan Tranmigrasi.

Oleh sebab itu, ia mengucapkan terima kasih kepada rombongan yang telah berkenan hadir dalam kunjungan Jelajah Desa Ramadhan di Kabupaten Kuningan. Hal Ini tentu merupakan kebanggaan tersendiri bagi Kuningan, karena bisa bertatap muka serta melakukan dialog dengan para kepala desa.

Dalam dialog yang dihadiri oleh para kepala desa, tampak hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Deniawan, Kabid PUEM Deden Kurniawan. Lalu, para pendamping desa. Selain menggelar acara pasar murah, rombongan juga berkunjung Kolam Ikan Dewa dan semua takjub dengan adanya ikan dewa tersebut. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com