Ika dan Yoan Kompak Hadiri Temu Institusi Masyarakat Pedesaan

KUNINGAN (MASS)- Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan, Hj Ika Acep Purnama, didampingi Wakil Ketua TP PKK, Ny Yoan Ridho Suganda dan jajaran pengurus PKK menghadiri Acara Temu Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) Se-Kecamatan Kramatmulya Tahun 2018. Acara  di Gedung Pertemuan Obyek Wisata Linggarjati, Kamis (06/12/2018).

Dalam sambutannya, Ika Acep Purnama memaparkan, Peran Pembantu Pembina  Keluarga Berencana Desa (PPKBD) memiliki tugas dalam membidangi SUB PPKB Desa yang ada di tiap Dusun/RW. Seperti yang diketahui, mekanisme PPKBD, melaksanakan rakor desa, mengevaluasi hasil kegiatan yang telah dilaksanakan dan pencapaian target dan sasaran KB.

“Adapun sasaran kegiatan operasional PPKBD, diantaranya Ingin Anak Segera (IAS), Ingin Anak Tunda (IAT), Tidak Ingin Anak Lagi (TIAL), Ibu hamil dan membuat laporan F1  PPKB tiap bula,”papar Ika.

Sebagai kader memiliki peran dan fungsi untuk mendorong dalam peningkatan jumlah akseptor KB, khususnya di Kecamatan Kramatmulya. Saat ini jumlah keikutsertaan akseptor di kabupaten kuningan sudah bagus. Namun masih banyak akseptor yang menggunakan KB Pil dan suntik.

Padahal saat ini Pemerintah sedang mengarahkan masyarakat untuk menjadi akseptor KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), berupa IUD/MOP/MOW.

“Saya berharap Kecamatan Kramatmulya dapat meningkatkan jumlah akseptor MKJP nya. Sehingga dapat menjadi pilot project dalam kesetaraan Ber-KB,”harap Istri Bupati Kuningan itu.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua TP PKK, Ny Yoan Ridho Suganda merasa bahagia dan terharu bias bersilaturahmi dalam kegiatan Temu Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP). Ia berterima kasih telah di fasilitasi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan, untuk memperkenalkan diri.

“Semoga saya dapat bekerjasama membantu Ibu Ketua TP PKK dalam melaksanakan kegiatan. Mohon bimbingan dan dukungan Ibu-ibu semua demi kelancaran tugas yang akan kami emban nanti. Kami siap bekerjasama demi kemajuan Kabupaten Kuningan periode 2018-2023,”pungkasnya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com