Hilang Empat Hari, Ditemukan Ada di Terminal

KUNINGAN (MASS)-  Amimah salah seorang Petugas Sosial Masyarakat pada Selasa (2/10/2018) menemukaan seorang ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa).  ODGJ yang belakangan diketahui sebagai Sariti (31) itu  ditemukan terlantar diterminal Tipe A Kertwangunan.

Amimah  menemukan Sariti pada jam 18.00 WIB.  Karena khawatir diperlakukan orang-orang yang tidak bertanggung jawab petugas PSM itu membawanya ke pos ronda dekat rumahnya. Setelah itu  pada hari Rabu pagi  Sariti dibawa ke kantor Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindunan Anak Kuningan untuk penelurusan dan pengamanan terhadap ODGJ itu.

Kebetulan pada saat itu Eyo Tarya Anggota Tagana  Kuningan tengah berada di kantor, karena ODGJ tidak memiliki indentitas, maka dengan sigap baik Dinsos PP dan PA, PA Tagana dan beberapa anggota PSM bergerak cepat untuk indentipikasi ODGJ ke Kantot Disdukcapil untuk dilakukan iris mata.

Teryata hasilnya menyatakan bahwa ODGJ itu bernama Sariti dengan lamat RT. 016/04 Desa Linggarjati Kecamatan Cilimus. Kemudian anggota Taganadengan Sigap Tanggapnya berkoordinasi dengan  Ocid anggota Tagana Kecamatan . Cilimus.

Ocid mengatakan bahwa alamat tersebut ada. Namun karena Ocid sedang melakukan kegiatan penanganan bencana kebakaran hutan Gunung Ciremai ia tidak bisa mendampinginya, sehingga pihak Dinsos PP dan PA berkoordinasi dengan aparat Desa Linggarjati supaya dijemput ke kantor.

Namun  Tagana dan anggota PSM ingin langsung mengantar dan menyerahkan pada keluarganya. Dengan diberi surat pengantar dari Dinas  maka mereka  berangkat menuju ke tempat tinggal ODGJ tersebut.  Diperlukan  waktu kurang lebih satu jam sampai alamat yang dituju jam 17.30 WIB.

Sesampainya disana disambut oleh keluarganya dengan sangat senang. Pihak keluarga   menyebutkan,  ODGJ Sariti  sudah meninggalkan rumah sejak .4 hari. Selama  empat hari Sariti dicari-ciri kemana-mana namun tidak kunjung ditemukan.

“Sebelumnya juga da ODGJ dan sudah berhasil dipulang dan yang kedua Sariti. Tadi sebelum dipulangkan dimandikan dulu dan serhkan kepada pihak keluarga,” ujar Kadinsos PP dan PA H Uus Rusnadar MSi melalui Kabid Rehabilitasi Sosial Endi Susilawandi AKd MSi. (agus)

 

 

 

 

 

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com