Hebat! Kades Cibulan Dapat Penghargaan Dari Gubernur

KUNINGAN (MASS)- Pada Upacara Memperingati Sumpada Pemuda ke 90 di Gedung Sate Bandung Senin (29/10/218),  Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan penghargaan kepada peserta pemenang lomba Inivasi dan Prakarsa Jabar tahun 2018.

Dari  jumlah 11 org yag mendapatkan penghargaan tersbeut ternyata ada nama  Kades Cibulan Kecamatan  Cidahu  Iwan Gunawan S IP. Ia   mendapat penghargaan terbaik kategori Prakarsa dengan mengangkat tema pemberdayaan masyarakat melalui optimalisasi pemanfaatan lahan eks galian pasir menjadi lahan produktif.

Yang dilakukan oleh kades ingin membuat gagasan dan terobosan untuk memberdayakan lahan tidak produktif menjadi produktif. Terlebih setelah sekian puluh tahun dibiarkan setelah pasir yang digali sudah habis dan lahan menjadi terbengkalai.

Salah satu upaya yg dilakukan Iwan mencoba berkoordinasi dengan Dinas Pertanian K uningan dan Kementerian Pertanian, dan akhirnya lahan tersebut yang memiliki luas 500 Ha dapat juga diberdayakan,  salah satunya dng menanam kedelai seluas 75 Ha.

Itu tahap awal namun hasil panen 0,8 ton/Ha.  Dengan mellihat kondisi ini Iwan terus memotivasi dan tidak puas cepat puas. Dengan bantuan Distan  kawasan lahan tersebut terus dipacu dengan adanya UPH, UPPO, pemb JUT.

Saat ini aknan melangkah kepada integrated agruculture development (pembangunan pertanian terintegrasi).  Bukan hnya kedele, tetapi komoditas lain kedepan akan terus dikembangkan sehingga lahan ini menjadi lahan yang memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi di Desa Cibulan.

“Saya ucapan terimakasih kepad semua pihak yang telah mendukung dan mensupportnya khususnya  Koptan, Distan, Pemda dan Kementan  sehingga bisa meriah tropi,”

Kedepannya ia meminta dukunganya dari warga sehnggga Desa Cibulan tetap terus untuk mengembangkan lahan ini menjadi lebih produktif dan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi desa serta mampu berkontribusi terhad Pemkab Kuningan. Dalam konsep Pembangunan Pertanian Terpadu (Agropolitan)

Pada saat menerima penghargana tampak  mendampingi Camat Cidahu, Rusmiadi dan Dr Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kng, Rohendi SP. (agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com