Ratusan Warga Cipakem Ngantri di Balai Desa

MALEBER (MASS) – Di Balai Desa Cipakem Kecamatan Maleber, Minggu (29/11/2020) kemarin dipadati ratusan warga. Mereka mengantri guna memeriksakan kesehatannya tanpa mengeluarkan biaya.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Yayasan Baitul Maal PLN dan LKSA Rumah Yatim Himmatul Ummah. Mereka antusias untuk mengikuti pengobatan gratis dengan layanan ramah dari petugas tersebut.

“Petugas yang melayani kami itu ramah-ramah,” komen salah seorang warga usai memeriksakan tekanan darahnya.

Tercatat lebih dari 300 orang yang ikut antrian dalam Layanan Kesehatan Terpadu (Yankesdu) tersebut. Bukan hanya sekadar pemeriksaan kesehatan, mereka yang didominasi kaum lansia itu pun dibekali wawasan kesehatan untuk diterapkan.

“Ada beberapa kegiatan di Yankesdu ini yakni Penyuluhan tentang sanitasi dan Hygiene serta pencegahan Covid19, Pengobatan Gratis (Balita, Dewasa, Manula), Lab Mini (Cek Gula Darah, Asam Urat , Kolesterol), dan USG Hamil,” jelas panitia.

Meski diikuti ratusan peserta, panitia tetap menerapkan protocol kesehatan 3M (Menjaga Jarak, Mencuci tangan dan Memakai Masker).

Dalam kesempatan itu, Ketua Tim Medis Yayasan Baitul Maal PLN, Faisal, bersyukur atas antusias warga yang mengikuti pelayanan kesehatan ini. Tujuan program ini dilaksanakan ke desa-desa terpencil setiap bulannya, terang dia, untuk mensosialisasikan dan memudahkan masyarakat dalam pelayanan kesehatan.

“Kegiatan ini juga dibantu oleh LKSA Rumah Yatim Himmatul Ummah, mudah-mudahan kerja sama ini akan terus berlanjut,” ujar Faisal.

Sementara, Ketua LKSA Rumah Yatim Himmatul Ummah, Aang Sopandi pun mengapresiasi relawan YBM Maal PLN yang telah mendukung kelancaran kegiatan.

“Ini adalah hasil kolaborasi antara LKSA Rumah Yatim Himmatul Ummah dengan Yayasan Baitul Maal PLN. Dan berkat peran relawan YBM Maal PLN acara ini bisa terselenggara dengan sukses. Saya mengapresiasi kepada mereka semoga ini menjadi salah satu ladang amal ibadah para pejuang kemanusiaan,” doa Aang. (deden)