Layani Masyarakat, Rail Clinic Hadir di Haurgeulis

INDRAMAYU (MASS) – Dalam rangka memberikan perhatian pada masyarakat yang tinggal di sekitar rel Kereta Api, PT. KAI (Persero) melalui program corporate social responsibility (CSR) nya, mengoperasikan Rail Clinic kereta yang bertugas memberikan bantuan kesehatan gratis.

Terbaru, PT KAI meluncurkan Rail Clinic Generasi ke-4 pada 28 September 2017 lalu. Rail Clinic Generasi ke-4 ini selain memberikan pelayanan kesehatan meliputi pemeriksaan umum, gigi, kehamilan, mata, laboratorium serta pelayanan kefarmasian, juga dilengkapi dengan dua kereta pustaka yang dinamakan Rail Library. Rail Library berisikan buku-buku manual dan fasilitas e-library untuk meningkatkan minat baca sehingga diharapkan dapat turut andil dalam mencerdaskan masyarakat.

Acara CSR Rail Clinic ini merupakan agenda tahunan di wilayah kerja PT KAI Daop 3 Cirebon sejak 2016 dan dilakukan bergilir. Untuk tahun 2019, dilaksanakan di 3 lokasi stasiun yakni di Stasiun Jatibarang, Stasiun Terisi, dan terbaru dilaksanakan di Stasiun Haurgeulis, Kamis (10/10/2019).

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif mengatakan bahwa KAI mengundang sebanyak 350 masyarakat dari Desa Haurgeulis, Cipancuh, Mekarjati, dan Sukajati untuk mendapatkan pelayanan pengobatan gratis.

“Masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama serta penyuluhan kesehatan” ungkapnya.

Dirinya menyebut, pihaknya memang sudah menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari 4 dokter umum, 2 dokter gigi, 1 dokter spesialis kandungan, 2 bidan, 3 apoteker, 2 petugas laboratorium dan 15 paramedis.

“Saya harap, ini bisa menjadi sarana pendekatan dengan masyarakat, dan terciptanya kesadaran bersama tentang kereta api ini, tentang pentingnya transportasi berbasis rel dan pentingnya berhati-hati,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, pihak PT KAI juga memberikan alat bantu penglihatan berupa kacamata gratis untuk siswa-siswi yang membutuhkan. (eki/trainee)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com