Ini Perbedaan ODP, PDP, Suspect dan Positif Agar Tidak Gagal Paham

KUNINGAN (MASS)- Sejak mewabahnya virus corona atau lebih dikenal dengan  Covid-19 banyak istilah muncul seperti ODP, PDP, suspect dan positif yang terkandang membuat banyak warga bingung membedakan, sehingga banyak warga belum apa-apa sudah menyimpulkan bahwa ada warga Kuningan sudah terkena positif corona.

Agar pembaca kuninganmass.com tidak gagal paham dengan istilah tersebut maka akan diterangan satu persatu yang dikutip dari berbagai sumber. Mulai dari istilah ODP atau Orang Dalam pengawasan.

Orang Dalam Pemantauan (ODP) adalah seseoarang yang pernah bepergiakan ke suatu daerah yang merupakan pusat penyebaran virus corona atau juga pernah kontak langsung dengan pasien positif corona. Mereka dipantau selama 14 hari oleh Dinkes.

Kemudian,  Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yakni  orang, sudah dirawat atau pasien. Ia menunjukan gejala sakit seperti demam, batuk, pilek dan sesak napas.

Selanjut istilah Suspect corona  adalah orang yang diduga kuat terjangkit insfeksi Covid-19 dengan menunjukan gejala virus corona seperti demam, batuk, pilek dan sesak napas.

Orang yang berstatus suspect pernah melakukan kontak dekat dengan pasien yang positif corona namun belum didapatkan hasil laboratorium positif.

Kemudian ada istilah Positif, yaitu orang yang Positif Covid-19 dan sudah terkonfirmasi dengan pemeriksaan klinis dan laboratorium secara mikroskopis (pemeriksaan dengan mikroskop).

“Banyak yang statusnya PDP disebut positif corona ini kan bahaya bisa disebut hoax. Saya pribadi sudah paham tapi tetangga saya tidak. Mudah-mudahan warga cerdas sehingga tidak terkena hoax yang ujung-ujungnya bisa merugikan diri sendiri,” ujar Dini salah seorang warga Kuningan. (agus)

 

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com