Hadapi Pilkada, Kapasitas SDM KPU Ditingkatkan

KUNINGAN (Mass) – Menjelang perhelatan Pilkada serentak 2018 di Kuningan, para personil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan mengikuti kegiatan In House Training (IHT). Narasumber IHT yang didatangkan langsung dari KPU Jabar itu, dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas SDM (Sumber Daya Manusia) KPU Kuningan.

Kegiatan diikuti seluruh jajaran komisioner dan staf sekretariat KPU Kuningan, dengan narasumber Komisioner KPU Jawa Barat, H Endun Abdul Haq MPd. Meskipun kegiatan IHT berlangsung sejak pagi hingga sore hari, para peserta Nampak semangat dan antusias mengikuti semua sessi yang disajikan.

Ketua KPU Kuningan Hj Heni Susilawati SSos MM kepada awak media kemarin, Jumat (20/1), menjelaskan, tujuan kegiatan IHT yakni untuk mempersiapkan SDM KPU Kabupaten Kuningan menjelang Pilkada serentak 2018 mendatang. Persiapan yang dimaksud berkenaan dengan aspek pengetahuan, kerjasama tim dan orientasi pada tugas demi suksesnya Pilkada serentak di Kabupaten Kuningan.

“Kegiatan IHT kali ini mengawali kegiatan selanjutnya yang direncanakan pada bulan Februari dan Maret 2017, yaitu difokuskan pada pendalaman pemahaman mengenai regulasi Pilkada,” katanya.

Sementara Anggota KPU Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Asep Z Fauzi SPdI menambahkan, kegiatan yang digelar merupakan kali pertama yang dilakukan KPU Kuningan. Diharapkan, dari kegiatan itu dapat menumbuhkan semangat baru di internal KPU Kuningan sehingga terjadi peningkatan kinerja yang lebih baik.

“Kegiatan peningkatan kapasitas SDM ini rencannya akan terus dilangsungkan dengan berbagai model dan pendekatan. Sehingga semua komponen dapat bekerja secara professional,” ujarnya.

Sebagai komisioner yang membidangi SDM, Asfa sapaan akrabnya itu menilai, upaya peningkatan kapasitas internal kelembagaan mutlak diperlukan sebagai sarana untuk memotivasi dan menumbuhkan semangat etos kerja, disiplin, serta menanamkan nilai-nilai soliditas dan kebersamaan dalam tim.

“Penguatan kapasitas internal SDM KPU Kuningan ini juga sebagai sarana recharging nilai, pengetahuan, serta pemahaman terhadap tugas pokok dan fungsi sebagai lembaga penyelenggara Pemilu,” katanya.

Pihaknya menyadari betul, tugas KPU dalam mengawal tahapan penyelenggaraan Pilkada dan Pemilu yang akan datang sangat berat dan rumit. Target KPU Kuningan yang terdekat adalah mentransfer seluruh pengetahuan yang telah didapat kepada masyarakat Kabupaten Kuningan.

“Hal ini dilakukan dalam rangka melaksanakan program sosialisasi dan pendidikan pemilih,” pungkasnya. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com