Food Festival Ajang Kreativitas Ibu-ibu PKK

KUNINGAN (MASS)- Selama dua hari (10-11/7/2018) Disperindag Kuningan menggelar kegiatan Food Festival. Acara yang sudah masuk tahun ke tujuh ini dihelat di parkiran Toserba Yogya Kuningan dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kuningan Dede Sembada.

Kadisperindag Kuningan Agus Sadeli yang didampingi Kabid Perdagangan Erwin Erawan  SE mengatakan, seperti tahun sebelumnya pesertanya adalah pengurus PKK dari 32 kecamatan. Bahan yang diperlombakan tahun ini adalah makanan yang berbaha sayuran dan juga buah-buahan.”Mereka diadu ketangkasan dalam mengolah hidangan dari bahan tersebut. Kegiatan ini bagian dari upaya kita dalam menjaga ketahanan pangan dan juga menguji kreativitas para pengurus PKK,” ujar Agus kepada wartawan.

Dengan adanya festival maka kreativitas akan teruji terlebih bahan baku sumbernya sangat  banyak. Bagi pemenangan akan menjadi wakil untuk Kuningan ditingkat provinsi. Pemenangan juga akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan.

Menurutnya, bisa saja muncul makanan tradisional baru dari adanya food festival. Sebab, kegiatan ini mengharuskan para peserta lebih berkreativitas.

Sementara itu, dalam food festival dewan juri yang akan memeriksa olahan dari 32 kecamatan itu berasal dari berbagai pihak. Hal ini agar benar-benar menghasilkan produk baru dan bisa dikemabangkan

Kabid Perdagangan Erwin Erawan menambhkan, selain digelar food festival juga disediakan berbagai stand hasil IKM yang ada di Kuningan. Selain itu juga digelar fashion show dengan tema batik untuk memeriahkan festival food.

Sementara itu, Wabup Kuningan Desem menuturkan, langkah ini sebagai upaya menselaraskan juga dengan program ketahanan pangan yang  bukan hanya mengkonsumsi beras saja. Melainkan olahan bahan lainnya seperti ubi-ubian, sayuran, dan buah-buahan.

Desem berpesan ,  untuk memperhatikan kelangsungan bahan baku, kemasan, kualitas produk dan jaga jaringan. Sehingga hal ini bukan hanya memiliki nilai lebih melainkan akan meningkatnya jumlah produk yang diminta di pasan.
Dalam kesempatan itu, Wabup bersama  TP PKK Hj Ika Acep Purnama  melihat langsung produk-produk yang sudah dihasilkan sekaligus mencicipinya. Tampak ibu-ibu PKK bersemangat mengikuti kegiatan ini.(agus)
error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com