Yuk, Tiru Aksi Remaja Bersih-bersih Masjid!

KUNINGAN (MASS) –  Ada ungkapan yang mengatakan “Kebersihan Adalah Sebagian Dari Iman”. Mungkin hal inilah yang juga mendasari Kegiatan Bhakti Sosial Kebersihan Lingkungan Masjid yang di motori oleh Palang Merah Remaja (PMR)  KMA AL Mutawally untuk melaksanakan pembersihan Masjid Al-Furqon dan  Baitu Rahman di Desa Bojong Cecamatan Cilimus.
Kegiatan pembersihan dua masjid  dilakukan pada  Jumat (8/03/2019). Sengaja dilakukan agar bisa digunakan pada saat salat Jumat.
Mengawali kegiatan ini para pengurus melaksanakan salat duha berjaamah, kultum, dan di lanjutkan dengan bakti sosial.
Mereka kompak melakukan kegiatan ini.
Pembina PMR M Qosim Al Fifari mengatakan,  mendatangkan manfaat tidak mesti dan tidak harus mengeluarkan uang tapi dapat juga dengan tenaga. Berbagai hal yang dapat mendatangkan manfaat dapat dilakukan dalam kegiatan bakti sosial baik untuk masyarakat atau pun lingkungan.
“Kegiatan inti merupakan daftar agenda rutin bulanan. Semua terjun ke masjid-masjid untuk membersihkan rumah Allah,” jelasnya.
Diterangkan, tanpa instruksi dan pengarahan yang panjang lebar, setelah meminta izin dengan ketua RT, pengurus PMR membersikan masjid Baitu Rahman dan masjid Al Furqon Desa Bojong.  Mereka berbencar ada yang membersihkan langit-langit, membersihkan kipas angin yang penuh oleh debu.
Lalu, membersihkan sejadah, mengelap kaca, menyapu dan mengepel. Sementara itu ada pula yang menyapu halaman, memungut sampah, membersihkan WC dan tempat wudhu.
Terpisah Ketua PMR Al- Mutawally Adli dan Hami  menyampaikan bahwa Kegiatan ini bentuk tribakti PMR dalam kegiatan social dan melatih  semua untuk terus menjaga lingkungan dan kemandirian dalam hidup bersosial.
“Kami sangat senang dengan kegiatan ini karena ikut membantu membersihkan rumah Allah. Selain itu bisa bersosialiasi dengan warga,” ujarnya.
Dodi S.Pd selaku Ketua Irmas yang ikut kegiatan bersih – bersih ini mengaku sangat berterima kasih kepada pengurus Palang Merah Remaja Al-Mutawally. Memang sepertinya hal ini kelihatannya kecil yang sepele, namun jika  berfikir lebih jauh kebersihan masjid sangat penting, karena bagi umat muslim, masjid merupakan tempat ibadah yang harus bersih dan suci dari kotoran. Oleh sebab itu, kebersihan masjid adalah sebuah keharusan dan membersihkan masjid merupakan amal yang mulia.
“Alhamdulilah kami sangat senang sekali kedatangan anak-anak PMR Dan semoga Terus istiqomah,” ujarnya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com