Workshop Keprotokoleran

KUNINGAN (MASS)- Dengan mengusung tema “Dear to Speak Up”, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Universitas Kuningan (Uniku) belum lama ini menggelar kegiatan workshop keprotokoleran.

Kegiatan ini diuntukan bagi siswa pengurus OSIS SMA / SMK / MA / sederajat se-Kabupaten Kuningan. Acara difoksukna di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I.

Secara resmi oleh Rektor Universitas Kuningan (Uniku) yang diwakili Kepala Bagian (Kabag) Kemahasiswaan Iim Abdul Karim SP. Tampak hadir Pembina UKM KPM Tatang Rois, MSi, dan Sahlan, MPd Ketua UKM KPM Cempaka Putri, Ketua Pelaksana Deni Rusmana dan tamu undangan lainnya.

Menurut Ketua Pelaksana Deni Rusmana , mengatakan, kegiatan workshop keprotokoleran ini merupakan salah satu agenda tahunan dari UKM KPM Uniku.

Kegiatan keprotokoleran menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan oleh lembaga pendidikan dalam penyelenggaraan acara formal maupun informal.

Diterangkan, keprotokoleran berlangsung dalam rangka penghormatan terhadap kedudukan jabatan dari pejabat structural lingkungan pendidikan. Protokol sangat dibutuhkan pada berbagai kegiatan seperti acara resmi, pertemuan resmi, kunjungan kerja, penerimaan tamu maupun acara penjamuan.

Disamping itu, juga dalam kegiatan lingkungan pendidikan seperti workshop, seminar, acara wisuda, MoU, serta upacara pelantikan pejabat structural. Kegiatan-kegiatan tersebut, tidak lepas dari peran petugas protocol sehingga dalam penyelenggaraannya perlu dikelola supaya acara berlangsung lancar sesuai dengan etika yang berlaku.

Deni menjelaskan, tujuan diselenggarakan kegiatan untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya memiliki kemampuan pada public speaking dalam berbagai profesi. Lalu, memberikan pemahaman mengenai pentingnya dalam merencanakan dan membangun karir yang tepat.

Selain itu sebagai sarana untuk pengenalan dan pengaktualisasian ilmu keprotokoleran terhadap masyarakat luas serta sarana apresiasi dan evaluasi kegiatan UKM KPM Uniku.

“Bukan hanya itu saja tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut, namun pada intinya kegiatan ini bisa diselenggarakan dengan tujuan memperingati dies natalis ke-9 UKM KPM Uniku,” jelasnya.

Ia berharap, dengan diselenggarakannya workshop yang menghadirkan dua (2) narasumber seperti Ageng Sutrisno, SPd (Public Speaking) dan Tatang Rois, MSi dapat memberikan pemahaman dan wawasan ilmu. Tentu mengenai keprotokoleran kepada para peserta yang mana terdiri dari siswa SMA / SMK / MA / sederajat se-Kabupaten Kuningan.

Sementara itu, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) yang diwakili oleh Kabag Kemahasiswaan Iim Abdul Karim, dirinya berharap, kegiatan ini bisa dijadikan agenda tahunan oleh UKM KPM Uniku dikarenakan memiliki banyak manfaat dan positif .(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com