Utama Ke-5 Diikuti 34 Peserta

KUNINGAN (MASS) – Program Studi Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan menggelar Uji Tanding Matemtika (Utama), Rabu (16/10/2019) di kampus STKIPMK. Sebanyak 34 siswa SMA/SMK/MA se-Jabar X yang terdiri dari Kuningan, Kabupaten dan Kota Cirebon itu menguji ketangkasan ilmu kematematikaannya.

Kategori perlombaan yang ditandingkan terdiri dari hitung cepat (fast counting) dan olimpiade matematika tingkat SMA/MA dan SMK. Pada kategori hitung cepat, peserta diberikan soal penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan yang terdiri dari 4-6 digit angka dalam waktu yang relatif singkat.

Penanggung jawab kegiatan Utama 5, Nurwati mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Matematika.

“Tujuan perlombaan ini adalah untuk menanamkan jiwa kompetisi yang sportif dan membiasakan peserta didik untuk terbiasa menyelesaikan masalah secara cermat, cepat dan akurat,” ujarnya.

Dalam sambutannya, ketua Prodi Pendidikan Matematika Ricki Yuliardi MPd berharap dengan diselenggarakannya kegiatan Utama ke-5 akan berdampak pada tumbuhnya semangat peserta didik dalam mempelajari matematika yang notabene merupakan mata pelajaran yang paling ditakuti oleh siswa di sekolah.

“Disamping itu, lomba kali ini dapat memacu siswa untuk terbiasa berfikir secara cermat, efektif, kritis serta mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menghadapi soal soal HOTS (High Order Thinking Skills),” jelasnya. (ali)

Berikut Daftar Pemenang Utama Ke-5

Hitung Cepat

Juara 1: Banafsha Ambarwati – SMA IT Al-Multazam Kuningan

Juara 2: Nicholas Valentino – SMAK BPK Penabur Cirebon

Juara 3: Vanessa Wiyen Cristie – SMAK BPK Penabur Cirebon

Olimpiade Matematika Kategori SMA

Juara 1: Cristophorus Nicholas Candra – SMAK BPK Penabur

Juara 2: Syifa Fauziyah – SMAIT Al-Multazam

Juara 3: Justin Williem – SMAK BPK Penabur

Olimpiade Matematika Kategori SMK

Juara 1: Trio Nando – SMK Auto Matsuda Kuningan

Juara 2: Nanang Yudiana – SMK Taufik Mubarok Kuningan

Juara 3: Tia Triana Citra – SMK Taufik Mubarok Kuningan

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com