Univ Fest Bikin Wawasan Siswa Bertambah

KADUGEDE (MASS) – Kegiatan memperkenalkan kampus-kampus pada siswa SMAN 1 Kadugede yang dibungkus dalam kegiatan Universitas Festival (Univ Fest) oleh para alumninya, dimulai pada Jumat (10/1/2020) pagi. Univ Fest rencananya akan digelar selama dua hari kedepan.

Ketua pelaksana kegiatan, Fachrial Ikhsan menyebut tujuan ada 16 kampus yang akan ikut berpartisifasi. Namun pada hari pertama ini, kegiatan akan berfokus pada pengembangan siswa melalui seminar.

“Ada TO BK (Try Out Berbasis Komputer, red) untuk kelas XII, untuk kelas XI nya ada seminar, macem-macem ada seminar pendidikan, bahkan ada seminar wirausaha juga,” sebut mahasiswa semester 5 tersebut saat ditemui kuninganmass.com di lokasi kegiatan.

Menurutnya, tujuan diadakannya kegiatan yang pertama kalinya tersebut karena disesuaikan dengan pengalaman sebelumnya, dimana perkenalan kampus-kampus ke sekolah dilakukan secara terpisah dan masuk ke kelas-kelas, kurang efektif.

“Kalau begini anak-anak kan bisa langsung punya gambaran, punya banyak pilihan juga,” tuturnya.

Sementara , Wakasek Kurrikulum Sekolah Kamus Hidayat menyebut pihak sekolah menyambut baik apa yang dikerjakan para alumni. Ia menyebut hal itu sangat sesuai dengan program sekolah.

“Mudah-mudahan ini jadi modal bagi para siswa untuk benar-benar memilih jurusan dan universitas yang sesuai, disenangi,” terangnya.

Mantan Alumni Uniku ini  menjelaskan bahwa hampir setiap tahunnya SMAN Kadugede mengeluarkan alumni tidak kurang dari 250 siswa dan yang melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, baik swasta maupun negeri sekitar 60 persen. Sedangkan tahun ini pihaknya menargetkan kenaikan menjadi 70 persen siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

“Tentu saya juga salut dan bangga pada panitia, karena ini kan perdana. Dan kalau ini sukses, kita akan jadikan kegiatan rutin tiap tahun,” paparnya.

Terpisah, salah satu siswi kelas XII IPA 2, Aisti mengaku cukup tertarik dengan kegiatan tersebut. Bahkan, dirinya menyebut ada ketertarikan untuk melanjutkan pendidikan. Dirinya menyebut kemungkinan akan melanjutkan pendidikan di wilayah yang tidak jauh dari Kuningan.

“Tadi kita udah TO sih, lumayan puyeng juga tuh. Tapi ya kita dapet pendidikan lah. Kalo soal pendidikan sebenernya kan ya pilihan masing-masing, aku juga dulu pengennya yang jauh-jauh tapi pas udah dipikirin lagi, kayaknya mending yang deket-deket aja,” paparnya.

Sekertaris Osis Risa Septiliani juga mengaku tertarik dengan kegiatan tersebut. Dirinya juga mengaku takjub melihat kakak-kakak seniornya bisa aktif. Dirinya berharap nanti juga bisa terus melanjutkan pendidikan.

“Seru aja kayanya ikut ikut organisasi, bisa melatih kepemimpinan dan kebersamaanya juga, kalau ada rezeki mah insyaallah mau lanjutin,” ujar dara manis ini . (eki)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com