UNISA Punya Rektor Baru

KUNINGAN (MASS) – Universitas Islam Al Ihya (UNISA) yang berlokasi di Cigugur Kuningan kini punya rektor baru. Nurul Iman HA SAg MSi yang sebelumnya berstatus Plt, sudah ditetapkan sebagai rektor definitif.

Belum lama ini (16/11/2017) ini, Nurul Iman resmi dilantik sebagai Rektor UNISA yang baru. Pelantikannya disaksikan para dosen, mahasiswa, pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Staf Ahli Bupati.

Ketua Yayasan Al Ihya, H Barna Subarna MPd mengulas kembali latarbelakang pergantian rektor. Disebutkan, pada 1 Juli 2017 lalu, Drs H A Nana Rusyana MMPd mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Rektor UNISA. Maka untuk meneruskan periodisasinya, Plt rektor dijabat Nurul Iman.

“Sesusai Statuta UNISA pasal 39 ayat 3 disebutkan, dalam hal Rektor berhalangan tetap, Yayasan menetapkan seorang Wakil Rektor sebagai pelaksana tugas Rektor yang definitif,” kata Barna.

Selanjutnya setelah beberapa kali mengadakan rapat dan musyawarah bersama yayasan dan pihak rektorat akhirnya alasan pengunduran Rektor dapat diterima. Yayasan pun memandang hal ini sebagai unsur yang memenuhi pasal 39 ayat 3.

Pada 7 oktober 2017, lanjutnya, diselenggarakan rapat senat sesuai pasal 34 ayat 1 huruf g. Rapat tersebut bertujuan untuk memilih calon rektor dan mengusulkan kepada yayasan untuk ditetapkan sebagai Rektor definitif dengan rekomendasinha No. U/003/SENAT/UNISA/X/2017.

Dan berdasarkan rekomendasi dari Senat tersebut Yayasan menerbitkan SK pengangkatan Rektor definitif untuk melanjutkan periode berjalan yakni periode tahun 2015-2020.

“Ingin kami sampaikan agar rektor didukung sepenuhnya oleh sivitas akademika UNISA, bahwa tugas rektor tidaklah mudah malah bisa dikatakan sangat berat dalam mengembangkan UNISA ini,” ujarnya.

Dalam 3 tahun ini, UNISA terus berkembang. Dengan 4 titik lokasi yang dimiliki, perguruan tinggi tersebut mampu mencetak generasi yang berkemajuan untuk membangun Kuningan pada khususnya. Empat titik itu antara lain, kampus 1 di Cigugur sebagai pusatnya. Lalu kampus 2 di Kuningan, kampus 3 di Selajambe dan kampus 4 di Ciawigebang.

Sementara, Nurul Iman selaku rektor baru menyebutkan, di Kabupaten Kuningan ini terdapat 6 perguruan tinggi yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. UNISA, sambung dia, menjadi salah satu yang ingin ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya generasi muda.

Dalam kepemimpinannya, Iman memandang ada beberapa hal yang harus dilakukan. “Karena UNISA ini baru berdiri 3 tahun, persisnya berdiri pada tahun 2014, maka terdapat aturan-aturan atau regulasi yang harus diperbaiki dan diikuti,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, pembangunan di Kuningan membutuhkan SDM handal. Untuk itu, UNISA diharapkan bisa turut serta memenuhi kebutuhan SDM yang dapat menjadi solusi bagi pemerintahan daerah.

“Kita diharapkan turut serta dalam membangun SDM yang bisa menjadi solusi bagi pemerintahan daerah dalam menyejahterakan masyarakat bukan malah membani,” tandas mantan komisioner KPU Kuningan itu. (deden)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com