Tiga Hari ABK Diajari Kemandirian Melalui Pramuka

KUNINGAN (Mass)-  Sejak hari Jumat (24/2/2017) sebanyak  280 anak berkubutuhan Khsusus (ABK)  mengikuti kegiatan Kemah Pramuka Luar Biasa Tingkat Kabupaten Kuningan. Acara yang dibuka oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama MH itu digelar di  Lapang Sepak Bola Desa Cirahayu Kecamatan Luragung.

Ketua Penyelenggara Toni Kusumanto AP MSi mengatakan, maksud dan tujan diselenggarakan kemah pramuka luar biasa adalah  agar SLB Kabupaten Kuningan menjadi inisiator dalam menumbuhan kembali kesadaran terhadap gerakan pramuka yang dimulai oleh Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Selain itu, lanjut dia, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menumbuhkembangan kreatifitas dan kecintaan terhadap rasa kesetiakawanan serta silaturahmi antar siswa. Kegiatan ini agar digelar hingga hari Minggu

Diterangkan, metode kemah yang diselenggarakan sebagai motivasi bagi ABK dapat berkreasi untuk mewujudkan peserta yang berkarakter. Adapun  peserta terdiri dari 280 orang siswa dan 56 guru pendaping SLB se-Kabupaten Kuningan.

Menurut, Toni sumber pembiayaan pelaksanaan kegiatan optimalisasi pengembangan potensi anak berkebutuhan Khusus melalui kemah pramuka luar biasa bersumber dari APBD Kabupaten Kuningan Tahun 2017.

Terpisah, Bupati Kuningan H Acep Purnama mengatakan kegiatan kemah ini sangat strategis dalam upaya memberikan pengalaman bagi para ABK se-Kabupaten Kuningan. Tentunya yang terpenting mengajarkan kemandirian melalui pramuka kepada siswa.

“Banyak ABK yang berprestasi dibidang akademik maupun dibidang lainnya. Salah satu bukti  saat ini di Pemerintahan di Kabupaten Kuningan ada  Bapak Elon Carlan yang tuna netra menduduki jabatan stategis dan mampu bekerja baik dan berprestasi,” tandasnya

Bupati berharap agar kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan  menciptakan anak-anak yang diharapkan oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan, serta bangsa dan negara agar menjadi anak-anak tauladan dan menciptakan Elon…Elon lainya dimasa yang akan datang.

Pada kesempatan ini hadir Camat Luragung Beni Kusmantoro, Muspika Kecamatan Luragung serta undangan lainnya. Kegiatan ini banyak yang mendukung karena ABK merupakan tanggungjawab semua pihak dan harus diajari semua pihak agar berprestasi. (agus).

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com