Sulaeman: Talk Less Do More

KUNINGAN (MASS) – Sebelum melaksanakan kegiatan perkuliahan, UNISA menggelar Orientasi Pengenalan Kampus (OSPEK) untuk mahasiswa baru. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 11-13 September 2018 di Kampus 1 Jalan Mayasih Cigugur. Tema OSPEK tahun ini ‘Internalisasi Nilai-Nilai Kemahasiswaan Upaya Mewujudkan Mahasiswa Yang Cerdas, Mandiri Religius Dan Berintegritas’. Ciri khas OSPEK UNISA yaitu dengan gerakan literasi.

Wakil Rektor III, Dr Sulaeman MAg menjelaskan bahwa yang paling prinsip sebagai insan akademik adalah membaca. Dengan banyaknya membaca, maka orang akan sedikit bicara. Sesuai dengan istilah ‘Talk Less Do More’.

“Negara kita termasuk Negara terendah dalam budaya membaca. Dengan mengangkat literasi, mudah-mudahan tumbuh semangat keinginan untuk membaca. Karena orang yang banyak bicara kurang membaca, itu resikonya tinggi,” jelasnya.

Budaya membaca, lanjut Sulaeman, harusnya menjadi kegiatan sehari-hari bagi insan akademik. “Kalau insan akademik tidak membaca, itu sama saja tukang cangkul tidak mencangkul,” ucapnya.

Ketua Pelaksana, Asep Nugraha, menjelaskan bahwa hasil literasi pada kegiatan OSPEK ini akan didistribusikan ke masing-masing Prodi sebagai parameter minat baca mahasiswa barunya.

“Kegiatannya itu, mahasiswa baru disuruh membawa buku sesuai dengan Program Studi. Selama 1,5 jam, mereka disuruh membaca yang kemudian ditulis ulang tanpa melihat buku. Hasil tulisannya nanti diserahkan ke kampus,” papar Bagian Kemahasiswaan UNISA itu.

Berdasarkan informasi, materi yang disampaikan mengenai nasionalisme, pendidikan agama untuk menangkal radikalisme, akademik kampus, organisasi internal kampus dan di hari ketiga diisi dengan hiburan dengan menampilkan karya karya mahasiswa UNISA. Salah satunya menyalakan motor dengan Smartphone. (ali)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com