SMK Membangun Desa, Karnas Teken Kerjasama Dengan 24 Kades

KUNINGAN (MASS)-  Sabtu (17/10/2020) merupakan hari bersejarah bagi 24 desa yang ada di Kabupaten Kuningan. Pasalnya, hari itu mereka menekan kerjasama saling mengikat bersama SMK Karna atau Karya Nasional di aula SMK tersebut.

Dalam kegiatan ini hadir  Staf Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Dr Suprapedi M Eng dari Kementrian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal  dan Transmigrasi RI. Kemudian, Direktur SMK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Dr Ir Barun MM.

Selain itu juga   Kepala Cabang Disdik Wilyah X Provinsi Jabar Auii Nurhasan AP MSi, Ketua Yayasan YPKN Drs Dadang Jaka , Kadisdikbud Kuningan Uca Somantri MSi, serta Kepala SMK Karna Dr Yepri Esa Trijaka MMPd.

Menurut Kepala SMK Karnas Yepri, kerjasama ini akan membantu potensi yang ada di desa tersebut. Seperti diketahui 2.400 siswa Karnas mempunyai kompetensi bidang masing-masing sehingga bisa membantu perkembangan desa.

“Kerjasama dalam membangun desa itu mencakup semua bidang dan kami memilih 24 desa karena mempunyai potensi yang bagus,” jelasnya.

Yepri mengaku, dari sekian banyak SMK yang ada di Kunigan, Karnas lah yang terpilih, sehingga ini menjadi sebuah kebanggaan. Hal ini pun tentu menjadi tantangan untuk mewujudkan program dari Kementarian Desa dan Kementrain Disdikbud.

“Mudah-mudahan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak,” ujarnya.

Staf Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Dr Suprapedi M Eng dari Kementrian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal  dan Transmigrasi RI berharap program ini benar-benar sukses karena memang saat ini desa terus digenjot perkembanganya.

Diterangkan, selama ini pemerintah sudah menggelontorkan dana desa sebanyak Rp72 triliun setiap tahun. Hal ini agar desa terus maju dan perkembangan dengan semua potensi yang dimiliki.

“Saya yakin kerjasama ini akan sukses karena karnas mempunyai potensi para alumi dan desa yang dipilihnya pun mempunya potensi,” jelasnya.

Sementara  Direktur SMK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Dr Ir Barun MM menginginkan kerjasama ini bukan  hanya satu SMK tapi bisa dilakukan bersama SMK lainnya karena tentu mempunyai keahlian masing-masing.

“Sebagai bentuk dukungan kami hadir disini. Apalagi kami tahu bagaiman SMK Karnas, begitu saya menerima telepon saya angkat dan siap hadir,” jelasnya.

Kadisdibud Kuningan Drs H Uca Somantri pun tidak kalah girangnya ada program ini. Ia yang mewakili bupati mendukung progam SMK Membangu Desa dan berharap hasilnya nyata.

Sementara para kades mengaku, adanya kerjasama ini barharap saling menguntungkan karena desa selama ini memiliki keterbatasan SDM . Dengan adanya siswa SMK Karna tentu mereka bisa melihat potensi yang dimiliki. (agus)

24 Desa Teken Kerjasama Dengan SMK Karnas

1.Gandasoli

2.Cibentang

3.Pajambon

4.Sukamukti

5.Nanggerang

6.Kramatmulya

7.Dukuhlor

8.Babakanreuma

9.Cilaja

10.Bojong Cilimus

11.Cilimus

12.Sampora

13.Taraju

14 .Muncangela

15.Sakertabarat

16 Cageur

17.Sukarasa

18.Sidaraja

19.Karamatmulya

20.Kertawana

21.Kalimanggiskulon

22.Kertaungaran

23.Ragawacana

24.Bojong Kramatmulya