SMA Binaul Ummah Gelar Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan

KUNINGAN (MASS) – Dalam tiga hari kebelakang, sedikitnya 200 siswa SMA Binaul Ummah Kuningan mengikuti perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan (PPTA) di Buper Palutungan. Mereka adalah para calon anggota yang sebagian besar kelas X.

“Gudep Ambalan  gerakan Pramuka Khalid Bin Walid dan Khaulid Binti Azzur Gudep 19095-19096 PangkalanSMA Binaul Ummah Kuningan menyelenggarakan kegiatan perkemahan ini selama tiga hari,” sebut Kepala SMA Binaul Ummah, Dian Nurdiaman MPd, Kamis (20/9/2018).

Dikatakan, pada kurikulum 2013 keikutseraan siswa baru dalam ektrakurikuler Pramuka adalah wajib. Sehingga seluruh siswa baru tingkat X secara langsung adalah calon anggota Pramuka di ambalan sekolahnya masing-masing.

“Kegiatan PPTA  yang dilaksanakan oleh Gudep SMA Binaul Ummah ini dilaksanakan dengan dukungan dari berbagai Unit yang ada di Yayasan Pondok Pesantren Binaul Ummah,” imbuhnya.

Terlihat dalam pelaksanaan upacara pembukaan dihadiiri oleh Ketua Yayasan, Rohidin MMPd dan Dani Fauzi selaku sekretaris yayasan. Dian sendiri tampil sebagai pembina upacara saat pembukaan PPTA.

Sementara, Pembina Pramuka, Fajar Achbar B SPd dan Nur Indah Sari SPd menjelaskan tujuan dari perkemahan tersebut. “Tujuan dari kegiatan ini antara lain guna memperkenalkan tentang gerakan kepanduan bagi calon anggota, melatih mental siswa di luar lingkungan sekolah, menumbuhkan karakter kebangsaan bagi siswa dan menerima calon anggota,” jelasnya.

Kemah penerimaan tamu ambalan diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain, tes SKU, pengenalan ambalan, jelajah alam, edukasi gembira, api unggun, renungan dan lainnya. Selain kelas X sebagai calon anggota, perkemahan yang digelar sejak Senin (17/9/2018) sampai Rabu (19/9/2018) ini diikuti oleh perwakilan dari kelas XI dan XII sebagai panitia. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com