Simulasi Pengurangan Risiko Bencana

KUNINGAN (MASS) – Relawan Tagana Kabupaten Kuningan menggelar simulasi evakuasi dan pengurangan risiko bencana dalam tajuk program Tagana Masuk Sekolah (TMS).

Kegiatan yang dilaksanakan di SDN Bangunjaya Desa Bangunjaya Kecamatan Subang Kabupaten Kuningan tersebut, dilakukan dengan kegiatan di luar kelas yang bertepatan dengan hari anak internasional, Kamis (7/11/2019).

Kegiatan yang bertemakan ”simulasi dan evakuasi dalam lagu dan gerakan dalam pengurangan risiko bencana” ini dikomandoi langsung oleh Ketua Pelaksana, Mas’adiharto atau yang lebih dikenal ato.

Sekertaris FK Tagana Kabupaten Kuningan, Ajat Sudrajat S.Pd atau lebih akrab disebut kang Ajat menyebut program TMS merupakan sinergi antara kementrian sosial dan kementrian pendidikan dan kebudayaan.

“Sudah digelar di sejumlah daerah, tentu saja tujuannya sebagai edukasi atau memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang bencana, potensi dan upaya pengurangan risiko bencana pada tingkat yang paling sederhana kepada anak-anak beserta guru,” ujarnya.

Dirinya berharap setelah memberikan pengetahuan tentang bencana, anak bisa memahami tentang pengurangan risiko bencana dan mengenali potensi akan terjadinya bencana.

Salah satu guru SDN Bangunjaya, Mimin, S.Pd.I mengaku senang dan gembira karena anak-anak bisa diberi pengetahuan yang berharga dengan adanya simulasi tersebut.

“Saya tidak berharap ada bencana, tapi dengan pengetahuan ini saya harap anak-anak bisa siap siaga menghadapi bencana, anak bisa dan sudah tau bagaimana yang harus dilakukan,” ucapnya. (eki)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com