Selama 4 Hari, 1.303 Mahasiswa Baru Uniku Ikuti Pengenalan Kampus

KUNINGAN (MASS)-  Sebanyak 1.303 mahasiswa baru Uniku selama empat hari ke depan (9 – 12 September 2019)  mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Acara ini diawali dengan sidang terbuka Universitas Kuningan (Uniku) di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I, Senin (9/9/2019).

Ketua Pelaksana Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru dan Ospek bagi mahasiswa baru Uniku tahun 2018 / 2019 yang merupakan Wakil Rektor III Ilham Adhya, MSi mengatakan, kegiatan penerimaan mahasiswa baru secara keseluruhan dilaksanakan tiga  gelombang, mulai dari tanggal 2 Januari – 6 September 2019.

Awalnya jumlah pendaftar ke Uniku sebanyak 1.704 orang yang terdiri dari jalur reguler sebanyak 1.292 orang, jalur prestasi sebanyak 393 orang dan program transfer sebanyak 19 orang.  Sedangkan ujian masuk dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2019, 8 Agustus 2019 dan tanggal 6 September 2019.

Ternyata lanjut dia, yang melakukan registrasi atau pendaftaran ulang hanya sebanyak 1.345 calon mahasiswa. Dengan rincian program sarjana dan diploma sebanyak 1.303 calon mahasiswa dan program pascasarjana sebanyak 42 calon mahasiswa,” tuturnya.

“Dalam kegiatan PKKMB akan diisi berbagai materi diantaranya dari Anggota DPR RI H Yanuar Prihatin, Gubernur Jawa Barat (dalam konfirmasi), Kapolres Kuningan, Dandim 0615 Kuningan, BNN Kabupaten Kuningan, Ketua YPSAK, Rektor, Wakil Rektor, Kepala Biro, Kepala Pusat dan Lembaga di lingkungan Uniku, Dekan dan Wakil Dekan, Ketua Program Studi, Ketua BEM dan BEM Fakultas dan Ikatan Alumni Uniku serta Ormawa yang ada di lingkungan Uniku,” bebernya.

Sementara itu, Ketua BEM Universitas Kuningan Ferri Rizki Tri Putra, mengatakan, ini merupakan langkah awal untuk semuanya para mahasiswa baru dalam upaya perubahan, dimana perubahan yang dikehendaki bukan perubahan segelintir orang saja, namun perubahan secara masal dari semua manusia.

Ditempat yang sama Rektor Uniku Dr Dikdik Harjadi, SE., M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, PKKMB ini merupakan kegiatan akademik pertama bagi mahasiswa baru Uniku sehingga wajib diikuti oleh semua mahasiswa baru.

“Kegiatan ini juga diharapkan akan diperkenalkan dengan sistem pendidikan yang ada di perguruan tinggi dan juga diperkenalkan lembaga kemahasiswaan yang ada di Uniku. Program ini juga diselenggarakan agar menciptakan keakraban yang harmonis antara mahasiswa baru dan mahasiswa lama serta dengan seluruh warga Uniku,” harapnya.

Ketua Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Drs Uri Syam, SH., MH menambahkan,  selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru Uniku tahun akademik 2019 – 2020 di kampus kebanggaannya masyarakat Kabupaten Kuningan. Perlu diketahui, bahwa Uniku sudah terakreditasi “B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Dan, Alhamdulillah, Uniku sekarang berada di peringkat ke-155 perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2019. Ini merupakan salah satu bukti kalau Uniku memiliki kualitas yang harus dipertahankan dan diperjuangkan kembali kedepannya agar Uniku semakin didepan dengan tetap memegang teguh pada motto Uniku mendampingi, melayani dan memberi yang terbaik,” tuturnya.

Terpisah Bupati Kuningan yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs Nurrahim, MSi, berpesan kepada mahasiwa untuk mengunakan kegiatan ini dengan baik, sehingga dalam melaksankan kuliah bisa lancar.

Dalam kesempatan acara tersebut, dilakukan penyerahan secara simbolis beasiswa Bidikmisi alokasi khusus sebanyak 20 kuota penerima dari Anggota DPR – RI H Yanuar Prihatin kepada Rektor Uniku Dr Dikdik Harjadi. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com