“Selain Serbuan Pekerja Asing, Manusia Juga Akan Bersaing dengan Robot”

KUNINGAN (MASS) – Syafii Efendi mengungkapkan kekhawatirannya akan nasib kedepan warga Indonesia, terutama anak muda dalam menghadapi tantangan yang semakin berat. Hal itu diutarakannya dalam Seminar Wirausaha Muda Nusantara (Wimnus) yang digelar pada Jumat (8/11/2019) sore.

Pada seminar yang digelar di Ballroom Raja Seafood, Bandorasa Wetan Kecamatan Cilimus tersebut dihadiri ribuan peserta yang didominasi pelajar tingkat SLTA se-Kabupaten Kuningan. Syafii Effendi, motivator muda yang juga pengusaha muda menyebut tantangan kedepan.

“Pasar bebas, bisa mengundang tenaga asing, itu kan tantangan berat kalau kita tidak bisa bersaing. Belum lagi tantangan industri 4.0, akibatnya segalanya serba robot, manusia bisa PHK besar-besaran,” ujarnya dalam seminar yang bertajuk Character Building Winning Mentality tersebut.

Syafii Efendy lalu memberikan tips-tips dalam menghadapi tantangan kedepan bahwa lebih baik berwirausaha.

“Harus In the Zone tetap dalam track, jangan hidup di masa lalu, fokus perbaiki input perbanyak ilmu, belajar dari yang terbaik, kerjasama dengan yang terbaik, berkomitmen, persisten dan beralasan kuat bahwa hidup harus mapan,” ungkapnya.

Hadir atas nama Pemerintah daerah, Aspem setda Drs. H. Dadang Supardan, M. Si yang juga memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan.

“Kuningan sudah banyak infrastruktur yang mendukung, tinggal mengasah manusianya. Mudah-mudahan kegiatan ini diridhoi tuhan dan bermanfaat bagi kita semua,” ucapnya. (eki)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com