Sehari Siswa Menabung Rp500 Ribu, Setahun Uang Tabungan Rp1,1 Miliar

KUNINGAN (MASS)- SDN 17 Kuningan yang merupakan gabungan dua sekolah  memang dikenal sebagai sekolah favorit di kota kuda, sehingga siswa datang dari berbagai kalangan termasuk keturunan tionghoa yang ada di Kabupaten Kuningan.

Saat ini siswanya mencapai 781 orang. Ternyata di sekolah yang terletak di Jalan Siliwangi samping Toserba Surya Kuningan itu minat siswa dalam menabung sangat tinggi.  Ini dibuktikan dalam sehari satu siswa bisa menabung  Rp500 ribu.

Tinggi minat menabung para siswa tidak terlepas dari anjuran pihak sekolah kepada para murid. Dengan menabung maka siswa sejak kecil diajarkan untuk menyimpan uang dan ketika suatu saat butuh uang untuk kebutuhan sekolah maka orang tua tidak kesulitan.

Dengan jumlah sehari Rp500 ribu ternyata dalam setahun uang yang bisa cairkan mencapai Rp1,1 miliar lebih. Jumlah ini tentu sangat besar dan tidak ada sekolah yang tabungan seperti siswa SDN 17.

“Disini siswa berasal dari berbagai segmen. Untuk yang menabung Rp500 ribu kebanyakan orang tuanya pedagang atau pengusaha,” ujar Plt Kepala SDN 17 Hj Esih SPd, Sabtu (25/5/2019).

Uang tabungan itu lanjut dia, bisa dicairkan satu tahun sekali  dan uang itu langsung disimpan di bank agar lebih aman. Agar tidak mengganggu sebelum setahun uang tabungan dilarang diambil.

“Kalau sistemnya kapan bisa diambil dan bisa disimpan agi nanti pembukuaanya repot karena tugas guru adalah mengajar. Untuk tabungan tahun ajaran 2018/2019 sudah selesai diberikan dan tidak ada masalah,” ujar Esih yang juga merangkap Kepala SDN 2 Kuningan.

Sekedar informasi masalah uang tabungan siswa dibeberapa sekolah pernah menjadi masalah besar karena uang itu digunakan oleh guru dan kepala sekolah. Hal ini membuat beberapa siswa kapok menabung. (agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com