SD ini Kurban 4 Ekor Kambing

KUNINGAN (MASS) – Kurban merupakan ibadah umat Islam yang dilakukan hanya sekali dalam setahun. Untuk memberikan pembelajaran mengenai ibadah kurban, SDIP Baitussalam rutin melaksanakan ibadah kurban setiap tahunnya. Penyembelihan hewan kurban tahun ini sebanyak 4 ekor kambing.

“Alhamdulillah, setiap tahun kami selalu melaksanakan Kurban untuk memberikan pembelajaran bagi siswa-siswi. Untuk tahun ini, total kambing yang disembelih sebanyak 4 ekor,” ujar Kepala SDIP Baitussalam Cecep Nandan SPd, Selasa (13/8/2019).

Empat ekor kambing itu, lanjut Cecep, terdiri dari 2 ekor hasil urunan siswa sebagai pembelajaran kurban sejak dini dan 2 ekor lainnya berasal dari kepercayaan masyarakat yang menitipkan hewan kurbannya.

“Selain memberikan pelajaran kurban, juga memberikan pelajaran tentang berbagi. Karena pendistribusian daging diprioritaskan kepada yang berhak mendapatkan atau mustahik disamping kepada masyarakat sekitar,” jelas Abu Cecep sapaan akrabnya.

Sementara itu, salah seorang guru SDIP Baitussalam Hamidah SPdI menambahkan, dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, para siswa antusias mengikuti kegiatan kurban dari awal hingga akhir.

“Sembari melihat proses penyembelihan, kami pun menjelaskan sejarah hingga makna dalam berkurban sehingga siswa tidak hanya melihat melainkan memahami tentang kurban. Beberapa siswa pun aktif bertanya dari apa yang mereka lihat,” terangnya. (ali)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com