Saat Pandemi Uniku Terus Berjaya

KUNINGAN (MASS)- Bukan Uniku namanya kalau mahasiswa tidak menorehkan prestasi. Belum lama ini dua mahasiswa menyabet prestasi dalam ajang pemilihan Duta Genre Kabupaten Kuningan tahun 2020.

Kali mengukir sejarah kembali dengan menorehkan empat prestasi sekaligus yang disabet oleh ketiga  mahasiswa dari program studi (Prodi) Pendidikan Biologi (PBio) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

“Alhamdulillah, didalam masa pandemic covid 19 anak-anak kami tidak menurunkan semangat untuk terus berprestasi,” ujar Edi Junaedi MPd saat dimintai keterangannya, Jumat (3/7/2020).

Pretasi kali ini, mahasiswa mampu menorehkan prestasi nasional. Mereka  adalah Verdy Nurdiansyah, Teti Heni dan Angga Permana.

Ketiga mahasiswa berhasil menorehkan prestasi nasional dengan meraih juara I lomba Poster Lingkungan Hidup atas nama Verdy Nurdiansyah, Juara I Lomba Microteaching atas nama Teti Heni.

Sedangkan  Angga Permana yang berhasil meraih juara II dan juara favorite social media dalam ajang Lomba Microteaching tersebut.

“Untuk Verdy Nurdiansyah meraih juara I dalam ajang Lomba Kreatif Poster yang diselenggarakan oleh Ikahimbi(Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia),” ucap dia.

Kegiatan itu bagian memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2020 yang diselenggarakan pada tanggal 8-26 Juni.

Lomba ini diikuti khusus untuk mahasiswa Biologi dari seluruh Indonesia, lomba kreatif poster tersebut diikuti hampir 50 peserta dari seluruh Indonesia.

Setiap peserta mengirimkan poster karya sendiri sesuai dengan tema yang telah ditentukan oleh penyelenggara,” ujarnya.

Sedangkan, untuk Teti Heni dan Angga Permana yang masing-masing meraih juara I, II dan favorite dalam ajang Lomba Microteaching Online (Daring) yang diselenggarakan oleh Hima Biologi IPI (Institut Pendidikan Indonesia) Garut.

Adapun tema, “Optimalisasi peran sains, pendidikan dan teknologi dalam situasi #dirumahaja”.

Edi menyebutkan, dalam ajang Lomba Microteaching Online (Darna, ing) itu, diikuti dengan jumlah maksimal peserta 35 orang dari wilayah se-Priangan Timur.

Setiap peserta melampirkan RPP yang telah dirancang sendiri dan juga video microteaching kepada panitia.  Uniku sendiri meraih tiga (3) juara sekaligus,” ungkapnya.

Terisah, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Dr Yeyen Suryani MPd mengatakan, FKIP selalu melahirkan mahasiswa berprestasi, baik dibidang akademik maupun non akademik. Bahkan, mungkin gudangnya mahasiswa dan mahasiswi berprestasi.

Diterangan, FKIP memiliki enam  Prodi diantaranya Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) dengan akreditasi A, Pendidikan Biologi (PBio) akreditasi B.

Lalu,  Pendidikan Ekonomi (PE) akreditasi B, Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dengan akreditasi B, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) akreditasi B dan terakhir Prodi Pendidikam Matematika (PMat) dengan akreditasi B.

Raihan prestasi ini, selain dapat menjadikan dorongan motivasi bagi mahasiswa FKIP Uniku lainnya untuk kembali berprestasi.

Namun bisa dijadikan sebagai daya tarik atau minat kepada calon mahasiswa baru (Camaba) yang akan meneruskan ke jenjang pendidikan tinggi dan memilih FKIP Uniku untuk melanjutkan studinya.

“Uniku masih membuka jalur pendaftaran gelombang II yang sudah dibuka dari tanggal 13 Juni 2020 sampai dengan 27 Agustus 2020 mendatang. Yuk buruan daftar ke FKIP Uniku !” ajaknya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Uniku Ilham Adhya MSi mengatakan, prestasi ini bisa dijadikan dorongan atau suntikan semangat motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk kembali berprestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik.

“Mohon doanya untuk Ananda Galang Adhitia Mahardika mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FKIP yang sedang berjuang di Pilmapres Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud,” ujarnya.

Galang baru saja dinyatakan lolos verifikasi dan kemarin mengikuti Persiapan CBT wawasan kebangsaan dan Bahasa Inggris.  

“Mudah-mudahan, kembali lolos ke tahap berikutnya,” harap mantan Dekan Fahutan Uniku kandidat doctor dari Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Jawa Tengah. (agus)