Ribuan Santri Sholat Istisqo

KUNINGAN (MASS) – Ditengah teriknya matahari siang, selepas sholat Zuhur berjamaah, ribuan santri bersama pengajar Pondok Pesantren Husnul Khotimah melaksanakan Sholat Istisqo di lapangan basket (15/10/2019).

Sholat istisqo diimami langsung oleh Mudir Mahad, KH. Mu’tamad, Lc. M.Pd. Al Hafidz. Sebelum sholat ia sedikit menjelaskan tatacara sholat istisqo. “Sholat istisqo mirip dengan sholat idul fitri,” sebutnya.

Sebelum sholat istisqo hari ini, sebelumnya para santri dan pengajar puasa sunah 3 hari (puasa ayamul bidh). Setelah sholat istisqo, dilanjutkan dengan khutbah oleh Dr. KH. Alfan Syafii, Lc., M.Pd.I.

Dalam khutbahnya ia mengutip pernyataan BPBP Jabar, bahwa kemarau menyebabkan 374 desa yang tersebar di 20 kabupaten di Jabar mengalami kekeringan. Juga masyarakat kesulitan air bersih dan 20 ribu hektar lahan pertanian kekeringan.

Sedangkan untuk skala Kuningan, menurut Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Agus Mauludin menyebutkan per-17 September, atau sebulan lalu ada empat desa yang kekurangan air bersih yaitu Desa simpayjaya dan Sukasari di Kecamatan Karangkancana serta Desa Cileuya di kecamatan Cimahi. Belum lagi luas lahan yang terbakar diperkirakan 343 hektare.

Oleh karena itu, jelas khatib sholat istisqo, Civitas Akademika Yayasan Husnul Khotimah menyelenggarakan sholat istisqo yang didahului dengan puasa sunah 3 hari.

“Saat ini kami berkumpul di lapangan terbuka memohon pertolonganMu, mengakui akan kelemahan kami dan membuktikan ketergantunan kami kepadaMu ya Robb,” doanya.

“Ya Allah kami mengakui dan menyadari akan kesalahan kami, keterbatasan kami dalam beribadah, kurang bersyukur dan kurang bersabar dalam menjalani takdirMu. Ya Allah, turunkan bagi kami hujan, turunkan bagi kami hujan, turunkan bagi kami hujan yang menyuburkan, mensejahterakan, bermanfaat, mengalir merata dan terur menerus kebaikannya bagi negeri dan penghuninya,” sambungnya.

“Ya Allah turunkanlah hujan pada pegunungan, sawah lading dan danau-danau. Ya Allah kami beristighfar kepada_mu, sesungguhnya Engkau penerima ampun. Ya Allah tumbuhkan bagi kami tanaman, suburkanlah susu-susu ternak kami, turunkanlah hujan dari keberkahan langit dan tumbuhkanlah tanaman dari keberkahan bumi,” doanya lagi.

Menurut Kepala Divisi Humas dan Dakwah, H. Sanwani, SH. suasana sholat istisqo sangat syahdu, mulai dari sholat istisqo dengan imam hafizh qur’an yang bacaannya merdu ditambah doa yang hadir dari ketulusan hati sehingga banyak jamaah yang menitikan air mata.

“Subhanallah setelah ashar hujan turun membasahi bumi walau hanya gerimis, mudah-mudahan Allah SWT mengijabah doa kami. Pantauan kami digroup-group WA, gerimis turun di sekitaran Maniskidul, Jalaksana, Cilimus sampai Caracas,” ujar Sanwani. (deden/rl)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com