Perkuat Bangsa Melalui Ketahanan Nasional

KUNINGAN (Mass) – Selama tiga hari, sedikitnya 300 pelajar tingkat SLTP se Kabupaten Kuningan mengikuti pelatihan wawasan kebangsaan yang digelar Kodim 0615 Kuningan. Wawasan kebangsaan itu pula, dalam rangka memperkuat ketahanan nasional dari berbagai sektor baik ekonomi, budaya, dan lainnya.

“Tanpa fundamental ketahanan nasional yang kuat, ancaman keamanan dan kenyamanan bangsa sangat rentan. Untuk itu, salah satu solusinya adalah pendidikan kewarganegaraan melalui latigan wawasan kebangsaan bela negara,” kata Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Bahram saat menutup acara pelatihan wawasan kebangsaan di Aula Hotel Prima Resort Kuningan, Minggu (19/3).

Oleh sebab itu lanjutnya, diharapkan usai pelatihan seluruh pelajar bisa menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama mengikuti pelatihan. Sebab diyakini, para pelajar bisa memberikan kontribusi bagi upata menciptakan ketahanan di lingkungan masing-masing, serta dapat menjadi bagian dari komponen rakyat terlatih dalam mendukung tergelarnya sistem pertahanan rakyat semesta.

“Untuk menjaga keutuhan, keamanan dan kenyamanan hidup berbangsa dan bernegara dibutuhkan fundamental ekonomi, budaya dan pertahanan keamanan nasional yang kuat dan kokoh. Oleh karenanya, kegiatan latihan wawasan kebangsaan bela negara bagi siswa SLTP se Kabupaten Kuningan, hendaknya tidak diartikan sebagai bentuk militerisasi di lingkungan pelajar,” jelasnya.

Akan tetapi kata Kolonel Bahran, hal itu dilakukan semata-mata merupakan salah satu upaya meningkatkan pemahaman tentang substansi bela negara kepada warga negara, termasuk didalamnya kalangan pelajar sesuai amanat pasal 30 UUD 1945. Upaya konkrit untuk menumbuhkan kesadaran bela negara itu perlu terus dibangun dalam berbagai lingkungan masyarakat, termasuk di sekolah.

“Dengan demikian, hak dan kewajiban bela negara itu benar-benar dapat dilaksanakan dengan baik oleh setiap warga negara, agar kita dapat menjamin tetap tegak, utuh dan bersatunya NKRI yang berdasarkan Pancasilan dan UUD 195,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, hadir Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH, Dandim 0615 Kuningan Letkol Inf Arief Hidayat SIP, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dr Dian Rahmat Yanuar MSi, perwakilan Polres, perwakilan kepala SLTP, dan tamu undangan lainnya. (andri)