Pentas Drama di Akhir Semester

KUNINGAN (MASS) – Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) STKIP Muhammadiyah Kuningan menggelar pentas drama, Senin (21/1/2019). Pentas drama tersebut merupakan tugas akhir mata kuliah Seni Tari dan Drama yang diampu oleh semester 7.

Pentas drama dengan tema ‘Sasakala Situ Bagendit’ dilaksanakan di Ruang Pertemuan Terbatas STKIP Muhammadiyah. Penampilan tersebut disaksikan langsung oleh dosen dan staff Prodi PGSD, mahasiswa PGSD dan juga mahasiswa STKIP.

Dosen pengampu mata kuliah Seni Tari dan Drama, Asep Nugraha MPd mengatakan, di awal kontrak mata kuliah, dosen dan mahasiswa sepakat untuk mengganti ujian tertulis dengan menggelar pentas drama sebagai nilai Ujian Akhir Semester (UAS).

“Tujuan diadakannya pentas drama ini untuk membekali mahasiswa sebagai calon seorang guru yang profesional. Melalui pentas drama, mahasiswa dapat melatih emosi yang sehat, mengetahui tentang kepemimpinan sehingga bermanfaat ketika sudah menjadi seorang guru,” jelas Asep.

Sementara itu, sutradara pentas drama Fenti Firlianti mengatakan, latar belakang mengambil tema itu berdasarkan pengamatan yang terjadi di Sekolah Dasar. Saat ini, hanya sedikit siswa SD yang mengetahui tentang legenda/cerita daerahnya sendiri. “Dengan pentas drama ini, seorang calon guru dibekali bagaimana cara mengenalkan cerita kepada siswa SD. Contohnya bisa mengetahui bagaimana penataan panggung dan pembuatan properti yang menarik sehingga penonton bisa larut dalam cerita itu,” papar mahasiswa tingkat akhir itu. (ali)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com