Pengenalan Kehidupan Kampus Secara Daring Jadi Sejarah Baru

KUNINGAN (MASS)- Ribuan mahasiswa baru Uniku mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2020 secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan YouTube. Kegiatan ini menjadi sejarah baru bagi Uniku karena tahun lalu secara tatap muka.

Kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru ini digelar selama  tiga  hari(Senin-Rabu atau 14-16/09/2020). Total ada 1.161 mahasiswa baru.

PKKMB 2020 resmi dibuka dengan diselenggarakannya sidang terbuka Uniku di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I, Senin (14/9/2020).

“Terima kasih atas minat dan niat saudara- mahasiswa baru yang telah memprospek masa depan dengan berbekal pendidikan di Uniku,” ujar Rektor Uniku Dr Dikdik Harjadi SE MSi.

Sehubungan dengan itu, lanjut dia,  segenap Akademika Uniku menyambut kehadiran saudara-saudara dengan ucapan selamat atas keberhasilan dalam seleksi masuk Uniku.

“Selamat datang dan selamat bergabung dalam wadah keluarga besar Uniku sebagai lembaga pendidikan tinggi yang bermartabat dan sangat kita banggakan ini,” tambahnya.

Dikdik mengatakan, PKKMB merupakan kegiatan pengenalan yang terprogram yang disusun dalam upaya menyiapkan karakter mahasiswa baru dalam melewati masa transisi untuk menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri.

Ia berharap kegiatan PKKMB dapat menambahkan motivasi, menumbuhkan kebanggaan serta meningkatkan kesadaran hidup para mahasiswa baru.

Dikatakan, pelaksanaan PKKMB diharapkan bisa menjadi wahana sosialisasi kebijakan merdeka belajar, kampus merdeka, dan menanamkan lima program gerakan nasional revolusi mental, yaitu Indonesia Melayani, Indonesia Bersih, Indonesia Tertib, Indonesia Mandiri, dan Indonesia Bersatu.

Disamping itu, diharapkan pula kegiatan PKKMB ini akan menambahkan motivasi internal, menumbuhkan kebanggaan dan kemauan belajar, meningkatkan kesadaran hidup dan tanggung jawab.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Kuningan, H Acep Purnama, menyampaikan apresiasinya kepada Uniku yang tetap menerapkan protokol kesehatan dalam melaksanakan aktivitas kampus.

“Disini, kita hanya menghadirkan perwakilan-perwakilan dari mahasiswa, sedangkan saudara-saudara kita yang lain mengikutinya secara virtual. Ini membuktikan bahwa Uniku disatu sisi, konsisten mendukung pemerintah daerah didalam pemberantasan penyebaran Covid-19, disisi lain, aktivitas kampus pun tidak tertinggalkan,” ungkapnya.

Acep berpesan kepada seluruh peserta PKKMB 2020 untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Pengenalan kegiatan kampus bagi mahasiswa baru merupakan sebuah awal dari akan dilaluinya proses pendidikan.

Maka dari itu, pergunakanlah waktu dan kesempatan ini, ikuti bimbingan dari para dosen, dekan maupun rektor. Jadikanlah jas almamater ini sebagai pemicu diri kita untuk mengabdi sebagai mahasiswa di Uniku.

“Didalam proses pembelajaran, adik-adik wajib untuk menjadi mahasiswa yang rajin menuntut ilmu dan rajin untuk meneliti, karena adik-adik juga dituntut untuk menjadi abdi bagi masyarakat. (agus)