Pengabdian Pada Masyarakat, Pengalaman Berharga bagi Mahasiswa UPI

KUNINGAN (MASS) – Ketua umum Forum Silaturahmi Mahasiswa Kuningan (Fosmaku) UPI Faisal Basyaraudin mengatakan pengabdian pada masyarakat bagi mahasiswa merupakan hal sangat penting. Selain tugas tri darma perguruan tinggi, pengalaman bermasyarakat juga menjadi modal untuk masa depan.

“Kami (mahasiswa, red) setelah lulus akan kembali lagi ke masyarakat. Maka dengan adanya pengalaman pengabdian, kami dapat mengenal karakteristik masyarakat yang sebenarnya. Harapannya setelah lulus kita sudah terbiasa situasi dan kondisi masyarakat di berbagai tempat,” ujarnya pada kuninganmass.com Minggu (2/2/2020).

Faisal sendiri menjelaskan bahwa Fosmaku UPI pada beberapa waktu lalu baru saja melakukan pengabdian pada masyarakat (P2M). Tepatnya di Desa Ciasih Kecamatan Nusaherang Kabupaten Kuningan pada tanggal 22 hingga 26 Januari 2020 lalu.

“Kegiatan ini merupakan program kerja rutin tahunan yang melibatkan seluruh mahasiswa UPI yang berasal dari daerah Kuningan. Baik mahasiswa UPI Kampus Bumi Siliwangi maupun kampus daerah Tasikmalaya, Sumedang, Cibiru, Purwakarta dan juga Serang,” tambahnya.

Adapun pada kegiatan tersebut, dijelaskan Faisal melakukan berbagai kegiatan yang berdampak langsung pada masyarakat, seperti pengobatan gratis, donor darah, perpustakaan keliling, mengajar, pelatihan kriya, tabligh akbar, dan juga berbagai lomba untuk anak-anak.

Kegiatan P2M sendiri sempat dibuka langsung Kepala Desa Ciasih dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan. Kegiatan juga direspon positif oleh masyarakat.

“Alhamdulillah semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi dampak baik bagi masyarakat Desa Ciasih,” ujar salah satu warga. (eki)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com