Pemuda Sumurwiru Ikuti Kegiatan Literasi

CIBEUREUM (MASS) – Tiga minggu lebih lamanya Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang disebar di Kecamatan Cibeureum dan Kecamatan Cibingbin. Akhir pekan kemarin, Kelompok 17 menggelar kegiatan literasi yang ditujukan kepada kaula muda Desa Sumurwiru Kecamatan Cibeureum.

Ketua kelompok 17, Asep Karsono mengatakan, menjelang hari perpisahan pihaknya sangat ingin meninggalkan sesuatu yang berkesan dan memiliki nilai manfaat bagi generasi muda didesa tersebut, yakni dengan kegiatan literasi itu.

“Di sini generasi muda digembleng dengan materi bagaimana caranya penguasaan komunikasi dan teknik menulis. Sebab komunikasi itu banyak dan menulis pun juga ada teknik-tekniknya,” ujarnya.

Dalam Kegiatan tersebut, pihaknya mengundang narasumber dari Founder Perspective Kuningan yang diisi oleh Zaka Vikryan dan M Cucun Mansur selaku managernya. Selain itu, nampak pula puluhan pelajar yang terdiri dari SMP dan SMA sederajat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Semoga kegiatan literasi ini dapat menginspirasi kaum muda Kuningan untuk membaca dan menulis. Hingga akhirnya mereka dapat memberikan sumbangsih bagi Kabupaten Kuningan dalam mencapai cita-cita sebagai Kabupaten Pendidikan,” harapnya.

Sementara itu, Zaka selaku pemateri menjelaskan, kegiatan literasi harus sering dilakukan demi terwujudnya tingkat literasi yang baik di Kabupaten Kuningan ini. Salah satunya dalam hal menulis harus fokus dalam setiap prosesnya dan istiqomah.

“Lebih penting dari hal itu, perkara bagaimana tindak lanjutnya pun harus dikawal benar. Generasi muda di Kuningan selain dari sisi kognisi harus pula dibangun mentalitalitasnya, bahwa mereka memiliki kesempatan yang sama untuk bersaing dengan kaum muda lainnya yang berasal daerah lainnya.” ujarnya. (argi)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com