Narkoba Semakin Marak, BNN Sisir Kampus

KUNINGAN (MASS)- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kuningan, melalui Seksi  Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakaat (P2M) dalam upaya pencegahan, pemberantasan dan penyalahgunaan peredaran gelap narkoba mengadakan kegiatan diseminasi informasi melalui talkshow. Adapun tema yang diambil adalah “mahasiswa sebagai pilar pembangunan tanpa narkoba”.

Kegiatan ini dilaksanakan di kampus Uniku  dengan tujuan mempertajam dan mensosialisasikan akan bahaya narkoba di lingkungan kampus, serta berupaya membersihkan kampus dari peredaran gelap narkoba.

Adapun dasar penyelenggaraan diseminasi tersebut adalah   UU RI  nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, PP nomor 23 tahun 2010 tentang Badan Narkotika Nasional.

Lalu, peraturan kepala BNN RI  Nomor 23 tahun 2017 tentang perubahan kelima atas peraturan kepala badan narkotika nasional nomor 3 tahun 2015 tentang organisasi dan tata kerja badan narkotika nasional provinsi dan badan narkotika nasional kabupaten/kota dan terakhir  surat pengesahan dipa bnn tahun 2019.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala BBNK Kuningan Edi Heryadi MSi. Edi mengatakan semakin meningkatnya dan maraknya penyalahgunaan dan peredaran narkoba di wilayah Kabupaten Kuningan, maka pihaknya  mengajak kepada seluruh mahasiswa untuk membentengi diri dari bahaya narkoba.

Karena lanjut dia, untuk saat ini kampus merupakan sasaran yang paling empuk oleh para pengedar. Sasaran narkoba sudah menyerang multidimensi tidak hanya dikalangan masyarakat, tapi sudah merambah ke tingkat TK sampai universitas.

“Orang yang kecanduan merupakan suatu penyakit, maka harus segera diobati, pecandu narkoba harus diselamatkan mereka harus diraih, harus didampingi. Maka BNN  sangat terbuka sekali untuk menerima para pecandu untuk segera direhabilitasi dan disembuhkan,” jelasnya.

Diterangkan, di BNN  terdapat klinik buat para pecandu dan itu gratis, sehingga warga jangan takut dan ragu untuk datang karena BNN terbuka bagi siapa saja.

Sementara itu, Rektor Uniku dr Dikdik Harjadi SE MSi  menyambut dengan baik kegiatan yang dilaksanakan oleh BNN. Ia  berharap Uniku bersih dari bahaya penyalahgunaan narkoba dan mengharapkan mahasiswa untuk berperan aktif dan melaporkan apabila ada penyalaguna narkoba.

Pada kesempatan itu untuk  penyamapaian meteri  disampaukan oleh Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan masyarakat Dedi Nuryadi SE. Ia menyampaikan materi-materi permasalahan narkotika dan lingkungan mahasiswa.

Adapun tujuan dan sasarannya adalah 1. penyebaran informasi tentang P4GN  melalui sosialisasi P4GN di lingkungan pendidikan . Lalu, meningkatnya pengetahuan, menimbulkan sikap kesadaran dan dapat merubah perilaku untuk menghindari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Selanjutnya NS Asmadi SKep  SPKom menyampaikan materi lingkungan kampus bersih narkoba. Pada sesi terakhir dilakukan  sesi tanya jawab. Para mahasiswa tampak antusias bertanya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com