MKK, Santri Kuningan Wakili Jabar di Tingkat Nasional

KUNINGAN (Mass) – Peserta lomba Musabaqah Kitab Kuning (MKK) asal Kabupaten Kuningan yang digelar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), akhirnya mampu mewakili Jawa Barat untuk berkompetisi di tingkat nasional. Bahkan, peserta MKK dari Kuningan berhasil meraih juara umum di tingkat Jabar menyisihkan peserta MKK dari kabupaten/kota lainnya.

“Alhamdulillah, peserta lomba MKK dari santri Kabupaten Kuningan telah mengikuti babak semi final tingkat Jabar Zona I. Kami mengirimkan 27 peserta untuk mengikuti 4 kategori, dan Kuningan menempatkan 15 peserta musabaqah menjadi juara,” kata Ketua PKB Kuningan H Ujang Kosasih MSi saat memberikan keterangannya persnya di Gedung DPRD Kuningan, Selasa (16/5).

Hasil itu pun kata Ujang, mampu memposisikan peserta musabaqah dari Kabupaten Kuningan sebagai juara umumnya. Sebab, dalam lomba itu sendiri memperebutkan sebanyak 24 piala dari 4 kategori tersebut.

“Kita bersyukur dari 24 piala, 15 piala diantaranya menjadi milik santriwan/santriwati dari Kuningan. Sehingga, semi final zona I Jabar juara umumnya adalah Kabupaten Kuningan, itu dibuka langsung oleh Gubernur Jabar Pak Aher dengan dihadiri pula oleh seluruh pengurus NU, pimpinan PKB, pimpinan Fraksi PKB kabupaten/kota sewilayah Jabar,” ujarnya.

Dirinya menyebutkan, peserta yang ikut dalam kontestasi musabaqah tingkat jabar adalah mereka yang menjuarai perlombaan di tingkat kabupaten. Sebagian besar para pemenang itu, berasal dari Ponpes Al Kautsar Cilimus Kuningan.

“Ada empat santri yang mendapatkan Juara I, dan lainnya meraih Juara II dan Juara III. Juara pertamanya yakni untuk kategori Kitab Imrithi diraih Rifa M Badrurrifai dan Nur St Nur Hayah, kategori Kitab Alfiyah diraih M Abdurrohman, dan kategori Kitab Ihya Ulumudin diraih M Hasan Basri, semuanya merupakan santri Ponpes Al Kautsar,” sebutnya lagi.

Pihaknya juga menyampaikan rasa terimakasih, sekaligus apresiasinya kepada seluruh pengurus NU, pimpinan Ponpes, para Kyai, pengurus PKB, Garda Bangsa, Perempuan Bangsa serta para santriwan/santriwati yang ada di Kabupaten Kuningan. Semoga para santri yang akan kembali mengikuti lomba di tingkat nasional, diberikan kemudahan untuk mampu meraih prestasi terbaiknya. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com