Mengenang dan Mengapresiasi Karya-karya Aan Sugiantomas

KUNINGAN (MASS)- Rektor Universitas Kuningan Dr Dikdik Harjadi SE MSi, sangat mengapresiasi kegiatan pameran seni rupa dan pertunjukan teater “Membaca Aan Sugiantomas”. Kegiatan ini digagas oleh Teater Sado dalam rangka mengenang dan mengapresiasi karya-karya Aan Sugiantomas.

Acara akan berlangsung mulai dari 17 Februari – 10 Maret 2019 di Gedung Kesenian Raksawacana Kabupaten Kuningan. Tentu kegiatan ini banyak ditunggu karena sosok Aan Sugiantomas merupakan “harta’ terbesar yang dimilki Uniku dan Kuningan dan berharap muncul Aan-Aan berikutnya.

“Karya besar yang hari ini dipamerankan dan dipertunjukan, merupakan hasil karya atau buah tangan dari Aan Sugiantomas semasa hidupnya, yang bisa dijadikan inspirasi untuk kita semua,” kata Rektor Minggu (17/2/2019).

Dikdikan menjelaskan, sosok Aan adalah merupakan sosok seorang pendidik dan seorang seniman yang sederhana, disegani dan dikenal.

“Kita yang ada didalam bagian dari sosok Aan Sugiantomas, merasa bangga karena ada seorang pendidik begitu juga menjadi seorang seniman, yang banyak melahirkan karya – karya besarnya yang disegani dan dikenal banyak orang,” jelasnya.

Ditambahkannya, di sesi yang pertama tadi yaitu pameran seni rupa, semua sudah menyaksikan hasil karya – karya besar yang dibuat oleh Aan Sugiantomas.

“Pak Aan ini, menurut saya adalah seniman yang bukan hanya fokus di teater peran saja, melainkan beliau juga aktif di seni lukis, seni pahat, seni rupa dan bahkan sampai dengan seni musik. Bagi saya ini adalah salah satu kebanggaan yang sangat luar biasa sekali,” tambahnya.

Uniku setiap tahun dengan semangatnya beliau, selalu mengikuti kegiatan pawai alegoris yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Kuningan.

“Ini sudah berkali-kali dan bertahun-tahun, Uniku selalu ikut berpartisipasi dalam kegiatan pawai alegoris tersebut. Dan, Alhamdulillah karya besar dari beliau dengan menampilkan teater jalanannya itu, selalu dinanti dan ditunggu oleh masyarakat Kabupaten Kuningan. Insya Allah, kita juga akan terus melanjutkan semangat beliau dengan mengikuti kegiatan teater jalanan di masa-masa yang akan datang,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, setelah dilakukannya upacara pembukaan pameran seni rupa, langsung dilanjutkan dengan menampilkan teater “Dedes” (Terperdaya atau Memperdaya Menjadi Sah-Sah Saja) karya dari Aan Sugiantomas.

Turut hadir, Bupati Kuningan Acep Purnama, SH., MH., Ketua Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Drs. Uri Syam, SH., MH. Lalu, Wakil Rektor III Ilham Adhya, M.Si., Keluarga Besar Aan Sugiantomas, Seniman dan Budayawan, Keluarga Besar Teater Sado dan tamu undangan lainnya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com