Mahasiswa PPL Dilepas

KUNINGAN (MASS)- Kadisdikbud Kabupaten Kuningan Dr Dian Rahmat Yanuar MSi melepas 341 mahasiswa Program Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) tahun 2018. Pelepasan tersebut, digelar di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus 1 Uniku pada Rabu (29/08/2018).

Hadir Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Yeyen Suryani MPd Wakil Dekan I FKIP Dadang Solihat MPd,  Wakil Dekan II FKIP Haruji Satianugraha MPd. Lalu,  Kepala Unit PPL FKIP Cucu Suhartini MPd, Sekretaris Unit PPL FKIP Lilis Lismaya MPd, Ketua dan Sekretaris Program Studi (Prodi) yang ada dilingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uniku.

Dekan FKIP Yeyen Suryani mengatakan, PPL ini merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa calon guru. Untuk tahun ini, kegiatan PPL FKIP Uniku diikuti 341 mahasiswa dan mahasiswi FKIP Uniku.

“Ke 341 mahasiswa PPL tersebut wajib mengikuti kegiatan pembekalan, baik itu di tingkat Prodi maupun di tingkat Fakultas. Untuk Prodi, pelaksanaan pembekalan sudah dilaksanakan hari Selasa kemarin. Sedangkan, untuk pelaksanaan pembekalan di tingkat Fakultas dilaksanakan pada hari ini,” tuturnya.

Dikatakan, mantan Ketua Prodi Pendidikan Ekonomi (PE) FKIP Uniku yang sedang melanjutkan jenjang S3 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) itu, menjelaskan, seharusnya kegiatan PPL tahun 2018 itu diikuti oleh 347 peserta. Ada enam orang mahasiswa yang mengikuti kegiatan PPL di luar negeri selama enam (6) bulan di Prince Songkla University (PSU) Thailand.

“341 peserta mengikuti kegiatan PPL mulai dari 3 September – 3 November 2018. Sedangkan, enam orang dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) akan mengikuti PPL di PSU Thailand selama enam  bulan mulai dari bulan Sepetember 2018 mendatang,” jelasnya.

Ia berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan PPL tersebut, dapat menjadi calon seorang guru yang memiliki kompetensi dan professional.

Sedangkan, Rektor Uniku Dr Dikdik Harjadi mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi dan menitipkan pesan kepada seluruh peserta PPL untuk menyiapkan mental dan persiapkan diri serta yang paling terpenting adalah jaga nama baik almamater Uniku. Ikuti segala aturan yang berlaku di Sekolah yang ditempati PPL,” tuturnya.

Sementara itu, Kadisidkbud Dian Rahmat Yanuar, mnegatakan,  PPL ini sangat besar sekali manfaatnya, baik untuk para mahasiswa maupun pihak sekolah. Tentu  untuk mengukur sejauh mana ilmu dan materi yang sudah didapat dikampus untuk diimplementasikan secara langsung dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.

Selain itu, mantan Kepala Bappenda Kabupaten Kuningan itu, berpesan, agar mahasiswa PPL Uniku mampu mendidik dan mengajar peserta didik dengan baik, memberikan kesenangan dan menarik dalam penyampaian materi serta berpenampilan.

“Saya yakin dan percaya mahasiswa PPL dari Uniku mampu memberikan yang terbaik,” ungkap mantan Kepala Bappenda. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com