Mahasiswa Bantu Tingkatkan SDM di Desa

KUNINGAN (MASS) – Baru-baru ini KKN PDik STKIP Muhammadiyah kelompok XII menggelar kegiatan yang dapat membantu meningkatkan sumber daya manusia di salah satu desa Kabupaten Majalengka. Adalah Desa Cikeusal Kecamatan Talaga.

Menurut analisis Ketua Kelompok XII  Adi Fauji, melihat kondisi dalam bidang pendidikan yang terdapat di Desa Cikeusal, masyarakat disana dinilai kurang peduliakan hal tersebut. Oleh karena itu, pihaknya membuat program mendiriksn perpustakaan desa.

“Ini merupakan salah satu program kami sebagai upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di desa tersebut, semoga kedepannya kualitas sumber daya masyarakat yang tinggi bisa tercapai,” ujarnya, Senin (20/8/2018).

Pihaknya menambahkan, Seperti yang kita ketahui dengan membaca, masyarakat dapat mempertajam pikiran, sebab dengan membaca masyarakat akan  bisa meresap gagasan-gagasan yang terdapat pada bacaan yang dibaca.

“Dengan dukungan keterampilan lainnya seperti menulis, menyimak, dan bercerita maka akan membentuk suatu karakter dalam diri masyarakat itu sendiri, hal ini dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya yang kita miliki,” tambahnya.

Sementara itu, pembangunan perpustakaan Desa Cikeusal ini masih jauh dari kata sempurna. Beberapa sarana dan prasarana yang menjadi penunjang perpustakaan masih belum terpenuhi. Seperti buku-buku yng kurang lengkap, sehingga masih terbatas dari buku apa yang dibutuhkan oleh masyarakat umum.

Kendati demikian, pihak desa setempat melalui Kepala Desa Cikeusal Dedih Supriadi bersyukur atas didirikannya sebuah perpustakaan ini, sebab program tersebut memang sudah lama belum terwujud.

“Alhamdulillah kami ucapkan terimakasih kepada kelompok XII KKN-PDik STKIP Muhammadiyah Kuningan, karena sedikit besarnya telah membantu meningkatkan Sumber Daya Manusia. Saya harap dengan adanya perpustakaan ini, Sumber Daya Masyarakat dapat lebih meningkat,” ujarnya. (argi)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com