Latih Pengetahuan Siswa, MTs Marif Gelar Berbagai Lomba

KUNINGAN (MASS) – Memperingati Hari Pahlawan, Hari Ramah Anak dan Maulid Nabi Muhammad SAW, MTs Ma’arif NU Cipakem Kecamatan Maleber menggelar berbagai macam perlombaan baik yang berkaitan dengan wawasan umum ataupun wawasan keagamaan.

Kegiatan yang dihelat pada hari Kamis-Jum’at (7-8 /11/2019) menggelar berbagai perlombaan diantaranya adalah Hafalan Teks Pembukaan UUD 1945, Deklamasi Puisi, lomba adzan dan Hafalan Juzz Amma serta Lomba kreasi Tumpeng.

Wakasek Kesiswaan Ato Sugiarto, S. Pd  mengatakan, tidak hanya itu, berhubung kegiatan tersebut bertepatan dengan perayaan Kelahiran Nabi Muhammad SAW, maka sebagai penutup acara pada Hari Jumat, 8 November 2019 dilaksanakan pula pembacaan Maulid/Debaan sebagai bentuk pembelajaran siswa dalam sikap Takdziman wa Takriiman kepada Rasulullah SAW.

Adapun acara yang mengangkat Tema “Mengenang Jasa Para Pahlawan dan Memperdalam Kecintaan terhadap Rasul” tersebut bertujuan untuk mengajarkan kepada siswa tentang perjuangan para pahlawan dalam melawan penjajah.

Selain itu memberikan motivasi yang bersumber dari perjuangan para pahlawan yang kemudian dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam kegiatan belajar mengajar, serta meneladani akhlak Rasulullah SAW untuk kemudian dijadikan pedoman dalam berperilaku sesuai sunnah Nabi.

Selain itu kegiatan tersebut juga bertujuan untuk melatih mental siswa dalam berkompetisi, mengenal sejarah dan mengenal Nabi dan Rasul nya serta mengajarkan sikap kekeluargaan yang harmonis diantara sesama siswa.

Sementara itu, Kepala MTs Ma’arif NU Cipakem Yusup Rosada, S Ag sangat mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut dan Ia berterimakasih kepaa  para guru khususnya pembina OSIS dalam melaksanakan agenda kegiatan yang bertujuan positif untuk perkembangan wawasan, skill dan pengetahuan para siswa diluar kegiatan KBM.

“Karena sangat jelas kegiatan perlombaan seperti itu sangatlah penting untuk melatih mental para siswa, memberi pengalaman dalam berkompetisi dan juga meneladani akhlak Rasul,” ucap Rosad.

Ia  berharap kegiatan positif seperti itu bisa dilaksanakan setiap tahunnya agar wawasan dan kemampuan siswa semakin bertambah seiring dengan persaingan dan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

Meskipun MTs  berada di pelosok tapi dengan SDM yang mumpuni ditambah lagi dengan vareatifnya kegiatan yang dilaksanakan. Ia  yakin siswa-siswi kami mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com