Lahir Julian, Koleksi Rusa Totol Jadi Tiga

KUNINGAN (MASS)- Di tengah pandemi corona, seekor rusa totol lahir di Kampus Universitas Kuningan (Uniku). Hewan yang memiliki nama latin axis axis oleh Uniku diberi nama “Julian”.

“Alhamdulillah dalam masa pandemi ini, telah lahir dengan selamat dan sehat seekor rusa totol jantan pada hari ini Kamis 23 Juli 2020 di Kampus Uniku,” ujar  Wakil Rektor III Dr Ilham Adhya MSi saat dimintai keterangannya, Kamis (23/07/2020).

Ia menyebutkan, karena lahirnya di bulan Juli dan jalu (jantan),  sehingga diberi nama diberi nama “Julian.

Julian ini lahir dari pasangan Setepen dan Setepi. Rusa totol itu hadiah dari Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Jawa Barat Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah VIII yang ada di Kabupaten Kuningan.

Dengan kelahiran seekor rusa totol ini, menambah jumlah hewan peliharaan rusa totol yang ada di lingkungan kampus Uniku menjadi tiga  ekor.

“Sebelumnya kita memiliki 2 ekor (sepasang) rusa totol dengan nama “Setepen dan Setepi,” ujarnya.

Rusa totol ini merupakan kado special untuk Uniku dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat melalui kantor CDK wilayah VIII.

Setepen dan Setepi hadir tepat pada saat dies natalis Uniku ke-17 tanggal 6 Juni 2020 kemarin.

Mantan Dekan Fakultas Kehutanan (Fahutan) Uniku itu, menjelaskan, kehadiranya rusa totol di kampus kebanggaannya masyarakat Kabupaten Kuningan bertujuan sebagai sarana konservasi dan penelitian bagi teman-teman mahasiswa dan dosen Uniku.

“Uniku memiliki jurusan Pendidikan Biologi (PBio) dan Kehutanan. Jadi, rusa totol ini bisa dijadikan sebagai sarana konservasi dan penelitian bagi teman-teman mahasiswa dan dosen Uniku,” jelasnya.

Ilham berharap, Uniku dalam waktu dekat bisa kembali mendapatkan sepasang rusa totol dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat.

Sekedar informasi saja, kabar kelahirannya “Julian” ini mendapatkan perhatian serius dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat.

Rombongan perwakilan dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat melalui kantor CDK wilayah VIII meninjau secara langsung kabar kelahirannya “Julian” dengan berkunjung ke kampus Uniku. (agus)