Kuliah Pakar, STIKKU Hadirkan 3 Doktor

KUNINGAN (Mass) – Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan (STIKKU) menggelar Kuliah Pakar bagi 98 mahasiswa baru kemarin, Kamis (22/9). Tak tanggung-tanggung, Prodi Kesmas STIKKU mengundang 3 orang Doktor Wanita Muda di bidang Kesmas yaitu Dr Triseu Setianingsih SKM MKM, Dr Gurdani Yogisutanti SKM MSc dan Dr Nur Asni SKM MKM.

Masing-masing dari ketiga doktor tersebut merupakan pakar dalam bidang epidemiologi, kesehatan dan keselamatan kerja serta bidang sistem informasi kesehatan. Acara dibuka dengan diawali laporan ketua panitia, Cecep Heriana SKM MPH dilanjutkan dengan sambutan Ketua STIKKU Asep Sufyan Ramadhy SKed serta Ketua Yayasan Prof Dewi Lailatul Badriyah AIPO.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Cecep Heriana menekankan, bahwa kuliah pakar merupakan tradisi akademik yang sudah mengakar di STIKKU.

Sementara Ketua STIKKU Asep Sufyan Ramadhy menegaskan, bahwa ahli kesehatan masyarakat ke depan harus mampu membaca tanda-tanda zaman dan perubahan yang menyertainya. Hal itu sangat perlu sehingga apapun yang terjadi akan bisa tetap adaptif dan bahkan bisa mengubah tantangan yang ada menjadi peluang bagi pengembangan profesi kesmas.

“Salah satunya adalah perubahan di wilayah Ciayumajakuning pasca nanti dibukanya Bandara Internasional Kertajati Majalengka,” ujarnya.

Ketua Yayasan, Prof Hj Dewi Lailatul Badriyah mengungkapkan, SKM lulusan STIKKU mutlak harus memiliki daya guna dan daya beda. Secara filosofis menurutnya lulusan SKM STIKKU harus bisa mengajak mahasiswa baru untuk punya visi hidup sukses dengan 2 syarat, yakni menjadi pendengar yang aktif dan kemampuan untuk caring dan sharing (peduli dan berbagi, red).

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan Diskusi Panel yang dipandu moderator Nissa Noor Annashr SKM MKM. Dalam sesi diskusi, tampak sangat antusias mahasiswa baru Kesmas STIKKU aktif bertanya kepada ketiga narasumber. Acara ditutup dengan pemberian cinderamata dan penutupan oleh Ketua STIKKU yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan para pakar serta dengan para mahasiswa baru Kesmas STIKKU.(andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com