Kuliah Menghasilkan Uang

KUNINGAN (MASS) – Menjadi mahasiswa dan mendapatkan gelar Sarjana idaman setiap orang. Namun, tidak sedikit yang terbentur dengan masalah ekonomi. Tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk merasakan ‘duduk’ di bangku kuliah.

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) STKIP Muhammadiyah Kuningan menawarkan kuliah mengasilkan uang. Selama perkuliahan, mahasiswa bisa mendapatkan uang untuk bayar kuliah dan keperluan sehari-hari tanpa mengganggu aktifitas kuliah dan meminta kepada orang tua.

Ketua Prodi PTIK Ipan Ripai MKom menjelaskan, Prodi PTIK merupakan satu diantara beberapa prodi se-wilayah 3 Cirebon yang menerapkan mata kuliah e-Commerce. Dengan diterapkannya mata kuliah itu, mahasiswa memiliki peluang untuk menghasilkan uang sendiri, baik untuk biaya kuliah ataupun keperluan sehari-hari.

“Penerapan mata kuliah e-Commerce telah terbukti oleh mahasiswa PTIK, khususnya semester 7. Dengan biaya kuliah hanya 500 ribu per bulan, itu bisa dengan mudah didapatkan dengan menekuni e-Commerce,” jelas Praktisi Internet Marketing sejak tahun 2008 itu, Kamis (24/1/2019).

Awalnya, lanjut Ipan, penerapan e-Commerce dari perubahan kurikulum pada tahun 2014. Mata kuliah e-Commerce merupakan lanjutan dari mata kuliah Kewirausahaan. E-Commerce merupakan bagian dari Internet Marketing.

“Karena memang berbasis teknologi, produk yang dihasilkan dari mata kuliah kewirausahaan dipasarkan secara online. Selain dicetak menjadi guru profesional, mahasiswa PTIK diajak berwirausaha dimulai sejak kuliah, minimal untuk biaya kuliahnya sendiri,” terang Ipan.

Menurutnya, jika mahasiswa serius dan konsisten memperdalam ilmu e-Commerce, peluang mendapatkan uang pun bisa dengan mudah didapatkan. Bahkan, dengan dibimbing hanya 2 jam, sudah ada yang menghasilkan uang dari e-Commerce.

Sementara itu, salah satu mahasiswi Ayi Agustin Junaedi Putri mengatakan, mata kuliah e-Commerce sangat bermanfaat. Awalnya belum mempunyai penghasilan. Namun setelah belajar e-Commerce, bisa memiliki tabungan hasil kerja sendiri.

Laporan hasil e-Commerce sebagai tugas mata kuliah

“Mata kuliah e-Commerce itu tugas membawa berkah. Metode yang diajarkan pada mata kuliah iu gak ribet, gak perlu cari bahannya ke toko atau kemana,” ucap Ayi, mahasiswi tingkat akhir itu.

Dirinya mengajak kepada siapa saja yang ingin kuliah untuk bergabung di Prodi PTIK STKIP Muhammadiyah Kuningan. “Selain mendapatkan ilmu, kita juga dapat menghasilkan uang,” ajaknya. (ali)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com