KKN, Kelompok 18 Datangkan Ketua Dewan

KUNINGAN (Mass) – Sebagai salah satu program dalam pemberdayaan masyarakat sekaligus bentuk pengabdian mahasiswa KKN Uniku di Desa Jalatrang Cilebak Kuningan, Kelompok 18 rencananya bakal mendatangkan langsung Ketua DPRD Kuningan, Rana Suparman SSos ke lokasi KKN. Mereka sengaja mendatangkan Ketua Dewan untuk dilibatkan langsung dalam sosialisasi soal regulasi terkait Perda tentang desa maupun kegiatan kedewanan hingga peraturan-peraturan daerah di pemerintahan Kuningan.

Ketua DPRD Kuningan, Rana Suparman SSos ketika dikonfirmasi kuninganmass.com di gedung dewan, Selasa (27/7), membenarkan adanya undangan dari mahasiswa KKN Uniku khususnya kelompok 18 untuk menjadi salah satu pemateri kegiatan KKN. “Iya saya diundang langsung Mahasiswa KKN untuk menghadiri acara di Desa Jalatrang Cilebak. Insya Allah saya siap hadir,” singkatnya.

Sementara Ketua Kelompok 18, Dzikri mengaku, kegiatan KKN nantinya akan mengedepankan kegiatan-kegiatan soal pemberdayaan dan pemahaman soal Perda baik kepada aparatur desa hingga warga setempat.

“Rencananya kami akan mengundang langsung Ketua Dewan Pak Rana untuk memberikan materi baik soal kedewanan hingga peraturan-peraturan yang berlaku di pemerintahan Kuningan. Semoga saja nanti beliau (Rana, red) tidak ada halangan hingga bisa hadir di Jalatrang,” harapnya.

Dikatakan, dalam mengisi sejumlah agenda yang dipersiapkan kelompok 18, pihaknya tidak hanya Ketua DPRD saja yang bakal diundang, namun sejumlah instansi dan dinas terkait lainnya bakal dihadirkan langsung untuk memberikan pemahaman sekaligus sosialisasi kepada masyarakat di bidangnya masing-masing.

“Kita rencananya akan melakukan sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba kerjasama dengan BNN Kuningan, lalu adapula taman baca, pelatihan guru, pengembangan komputerisasi, hingga sosialisasi masyarakat sadar hukum dan lainnya,” sebutnya.

Mahasiswa KKN Uniku lainnya, Riris Ristiani juga menuturkan hal serupa. Baginya, kedatangan ketua dewan sebagai pimpinan legislatif merupakan bentuk kepedulian seorang wakil rakyat kepada masyarakatnya.

“Ya kita berharap ketua dewan bisa hadir ya, ini membuktikan jika para wakil rakyat tidak hanya duduk rapat maupun studi banding ke luar kota, namun juga peduli untuk mengunjungi warga Kuningan yang berada di pelosok desa. Saya yakin sebagai wakil rakyat, pak Rana memiliki kepedulian kepada masyarakat Kuningan,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, kegiatan KKN ini salah satu bentuk representasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai wujud dari pengabdian kepada masyarakat. Semoga, pengabdian yang dilakukan di Desa Jalatrang bisa bermanfaat dan memberikan sumbangsih sosial yang bisa dirasakan langsung warga masyarakat. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com