Kemenpora Jalin Kerjasama dengan Kampus di Kuningan

KUNINGAN (MASS) – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menjalin kerjasama dengan STKIP Muhammadiyah Kuningan. Kerjasama tersebut direalisasikan dengan kegiatan penataran pelatih atletik tingkat dasar. Penataran yang dilaksanakan di Raja Seafood Ballroom (27-29/12/2018) diikuti sebanyak 500 peserta.

Penanggung jawab acara, Nanang Mulyana MPd mengatakan, kegiatan ini merupakan ajuan Hima PJKR STKIP Muhammadiyah Kuningan. Namun, pelaksanaannya dibantu oleh Dosen Home Base PJKR.

“Kegiatan ini merupakan realisasi program 100.000 pelatih dari Asisten Deputi Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan Kemenpora. Sehingga pelatihan ini sepenuhnya dibiayai dari Kemenpora. Bahkan untuk pemateri pun didatangkan langsung dari para master atletik Indonesia,” jelas Nanang, Pembina UKM Atletik itu.

Menurutnya, kegiatan ini memberikan dampak positif bagi STKIP Muhammadiyah ataupun kabupaten Kuningan. Dengan adanya pelatihan ini, kualitas SDM pelatih di Kuningan akan lebih meningkat.

“Kita memandang perlu untuk meningkatkan kualitas SDM pelatih. Selain itu, targetnya olahraga atletik bisa lebih dikenal masyarakat Kuningan, sehingga bisa mencetak atlet atletik yang memiliki potensi untuk berprestasi,” papar Dosen yang aktif di organisasi PASI.

Ditempat terpisah, Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan Dr M Samsudin SAg MPd mengapresiasi atas jejaring yang dibangun oleh PJKR STKIP Muhammadiyah Kuningan. Peran PJKR ini sangat mendukung dalam pengembangan institusi STKIP Muhammadiyah.

“Jejaring yang telah dibangun Prodi PJKR sesuai dengan visi STKIP Muhammadiyah yaitu kampus lokal yang bisa diakui di tingkat nasional. Kami harapkan tidak hanya Prodi PJKR yang memiliki jaringan ke nasional, Prodi lain pun harus memiliki jaringan ke nasional bahkan internasional,” terangnya.

Sementara itu, salah satu peserta penataran Ohan Burhana SPd mengatakan, kegiatan penataran pelatih di Kuningan sangat jarang dilaksanakan, sehingga dengan penataran ini disambut baik.

“Disamping kegiatan ini disubsidi oleh Kemenpora sehingga gratis, kegiatan ini merupakan sebuah kesempatan untuk menambah dan mengupgrade ilmu baru dalam bidang kepelatihan atletik,” ucap alumni PJKR tahun 2016 itu.

Berdasarkan informasi, dari 500 peserta itu, terdiri dari 3 kategori, yaitu mahasiswa PJKR, alumni STKIP Muhammadiyah, dan umum yang merupakan pelatih atletik yang sudah aktif melatih. Selain di Kuningan, kegiatan penataran pelatih ini dilaksanakan di 512 Kabupaten/Kota dan Provinsi. (ali)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com